Breaking News
Home / Warta / Politik / Sosok Ketua DPR Pengganti Setnov Diharapkan Sesuai Slogan Golkar
Koalisi Masyarakat Sipil buat petisi soal pengganti Setya Novanto di kursi Ketua DPR (Foto: Harits Tryan)

Sosok Ketua DPR Pengganti Setnov Diharapkan Sesuai Slogan Golkar

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Sejumlah koalisi masyarakat sipil membuat petisi untuk Partai Golkar agar memilih Ketua DPR pengganti Setya Novanto (Setnov) yang saat ini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus korupsi e-KTP.

Salah satu perwakilan koalisi masyarakat sipil, Veri Juniadi meminta Golkar menyiapkan kader yang tepat, karena Ketua DPR bukan hanya jabatan politis. Melalui petisi, dijabarkan tentang kriteria dan syarat bagi calon pimpinan DPR pengganti Setnov.

“Mendukung slogan baru Partai Golkar Bersih untuk menjadi salah satu partai yang mendukung gerakan antikorupsi, khususnya dalam Partai Golkar dan umumnya dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Veri dalam sebuah diskusi di D’hotel, Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Veri menilai slogan tersebut sudah semestinya mewujud dalam praktek politik Golkar, baik di dalam internal maupun eksternal partai, agar slogan bersih tidak hanya jadi slogan semata.

Selain itu, untuk mencapai misi tersebut, koalisi masyarakat sipil berharap Golkar menyodorkan kriteria sosok pengganti Setnov seperti tidak memilik rekam jejak pidana dalam kasus yang bersifat amoral khususnya korupsi dan tidak potensial akan dipersoalkan secara hukum, khususnya berkaitan dengan angket KPK.

“Bukan merupakan pendukung Pansus KPK, apalagi menjadi salah satu motor lahirnya angket KPK,” papar Veri.

Veri menambahkan, juga haru smemiliki pandangan dan sikap yang sepenuhnya mendukung upaya pemberantasan korupsi, salah satunya dengan tidak mendukung pelemahan KPK dengan berbagai cara dan versinya dan juga memiliki kemampuan mendengar dan memiliki kelapangan hati dalam menerima kritik.

Semoga petisi ini dapat menjadi catatan dan perhatian bagi Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dalam menentukan calon pimpinan DPR sebagai langkah awal dalam memperlihatkan komitmen partai berlambang pohon beringin untuk menjadi partai bersih.

Check Also

KPK: Pemeriksaan Bamsoet untuk Klarifikasi Kasus E-KTP

  JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua DPR Bambang Soesatyo ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: