Home / Warta / Politik / Soal Pj Gubernur, Mendagri:‎ Sudah Diambil Alih Pak Menko Polhukam
Mendagri Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

Soal Pj Gubernur, Mendagri:‎ Sudah Diambil Alih Pak Menko Polhukam

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan, wacana penunjukkan Pejabat (Pj) Gubernur dari Perwira Tinggi (Pati) Polri telah diambil alih Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polukam) Wiranto.

Tjahjo menjelaskan, Kemendagri telah melaporkan wacana penunjukkan Pj Gubernur di Pilkada serentak 2018 tersebut kepada Wiranto.

Selanjutnya, mantan Panglima ABRI itu bersama Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Menteri Sekretariat Negera (Mensesneg) Pratikno akan melaporkan wacana Pj Gubernur berasal dari Pati Polri kepada ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sudah lapor kepada Pak Menko Polhukam, sudah diambil alih sama Pak Menkopolhukam. Pak Menkopolhukam akan bersama Pak Mensesneg pak Setkab untuk lapor kepada Presiden,” kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/2/2018). ‎

Lebih jauh, politisi PDI Perjuangan itu menyerahkan sepenuhnya usulan penunjukkan Pj Gubernur kepada Kepala Negara. ‎Usulan Pj Gubernur berasal dari Pati Polri dilakukan guna menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang akan berlangsung pada 171 daerah di Indonesia.

“‎Keputusannya terserah Istana,” pungkas Tjahajo. ‎

‎Seperti diketahui, usulan Pj Gubernur berasal dari Pati Polri menuai polemik. Pasalnya, Kemendagri mengusulkan dua nama perwira petinggi Polri yang disebut-sebut menjadi Pj Gubernur di Pemprov Jawa Barat dan Pemprov Sumut. Keduanya adalah Asops Polri Irjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur di Jawa Barat dan Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara.

Usulan terhadap kedua nama tersebut menjadi polemik lantaran dikhawatirkan akan melemahkan netralitas polri. Hal itu karena kontestan Pilkada di kedua wilayah tersebut terdapatkan purnawirawan Polri yang mencalonkan diri.

Check Also

Cegah Kecurangan, Ketua DPR Minta KPU Bereskan DPT Ganda

  JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan persoalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: