Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Soal Pidato Anies, Polri Akan Panggil Ahli
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (foto: Antara)

Soal Pidato Anies, Polri Akan Panggil Ahli

JAKARTA, WOL – Bareskrim Polri telah menerima laporan ujaran SARA yang diduga dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun penyidik akan terlebih dahulu memanggil para ahli apakah dalam laporan ini ada unsur pidana atau tidak.

“Dalam penyelidikan akan dipanggil ahli, seperti ahli pidana, bahasa dan pelapornya juga. Kami sudah memeriksa pelapornya waktu melapor, tapi perlu didalami,” kata Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, Kamis (19/10).

Martinus mengatakan, jika nantinya berdasarkan pemeriksaan ahli tidak ada unsur pidanan, maka penyidik tak perlu memanggil Anies sebagai saksi. Bahkan laporan tersebut akan dihentikan secara otomatis.

“Penyidik akan melihat ada unsur pidana atau tidak, terlapornya dipanggil dulu sebelum perkaranya naik ke penyidikan. Tapi kalau tidak ada unsur pidana ya enggak perlu dipanggil,” ujarnya.

Sebelumnya, Gerakan Pancasila melaporkan Anies Baswedan terkait ucapannya soal Pribumi dalam pidato perdananya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Selasa (17/10/2017). Laporan tersebut diterima dengan nomer LP/1072/X/2017.

Anies Baswedan dilaporkan atas tuduhan tindak pidana diskriminatif ras dan etnis seperti yang tertuang dalam pasal 4 b ayat 1 dan ayat 2 serta Pasl 16 UU No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. (inilah/ags)

Check Also

Mengapa Demokrat Tak Masuk Koalisi Umat?

JAKARTA, Waspada.co.id – Tokoh Persaudaraan Alumni (PA) 212, Muhammad Rizieq Shihab mendorong terbentuknya Koalisi Umat yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: