Home / Warta / Mancanegara / Skandal Vaksin, China Pecat 6 Pejabat BPOM
Foto: Kotak-kotak berisi vaksin rabies yang diproduksi oleh pembuat vaksin Changsheng Biotechnology, di pusat pencegahan dan pengendalian penyakit lokal (CFDA) di Huangshan, provinsi Anhui, China 23 Juli 2018. (Foto: dok. Reuters)

Skandal Vaksin, China Pecat 6 Pejabat BPOM

BEIJING, Waspada.co.id – China mengatakan hari Sabtu telah memecat enam pejabat senior yang bekerja pada kantor pengawas makanan dan obat-obatan, setelah terungkap skandal keselamatan di pabrik pembuat vaksin Changsheng Biotechnology Co. Ltd.

Badan pengawasan kesehatan makanan dan obat-obatan dinyatakan tidak melakukan pengawasan yang diperlukan. Diantara yang dipecat terdapat Ding Jianhua, kepala China Food and Drug Administration (CFDA).

Changsheng dituduh bulan Juli lalu memalsukan data tentang vaksin rabies dan membuat vaksin untuk bayi yang ternyata tidak efektif, sehingga memicu kemarahan publik dan penyelidikan oleh polisi.

Walaupun tidak ada laporan tentang orang yang cedera karena vaksin-vaksin yang tidak memenuhi syarat itu, para pejabat kesehatan memerintahkan pabrik Changsheng menghentikan produksi vaksinnya dan menarik semua vaksin rabies dari pasar.

Changsheng telah minta maaf atas kelalaiannya dan mengatakan akan bekerjasama dengan para penyelidik. (wol, voa/data1)

Check Also

China Berencana Batasi Berita Asing

BEIJING,Waspada.co.id – Pemerintah China kemungkinan besar akan memblokir konten laporan terdini asing yang ditayangkan atau disiarkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: