Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Sinabung 3 Kali Erupsi Hari Ini, Kota Wisata Berastagi Diselimuti Abu Vulkanik
foto : Antara
foto : Antara

Sinabung 3 Kali Erupsi Hari Ini, Kota Wisata Berastagi Diselimuti Abu Vulkanik

agregasi
agregasi

 

MEDAN Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi, pagi tadi. Petugas Pos Pemantau Gunung Sinabung Muhammad, Nurul Asrori mengatakan, sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, Sinabung sudah erupsi sebanyak 3 kali.

Erupsi tertinggi 2.700 meter dengan arah abu ke kota wisata Berastagi. Erupsi juga disertai dengan luncuran awas panas guguran sejauh 2,5 kilometer ke arah tenggara-timur.

“Kota Berastagi diselimuti abu vulkanik yang tidak terlalu tebal. Masih dalam kategori tipis karena arah angin tidak begitu kencang, namun tetap diimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan pelindung mata saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka,” kata Asrori saat dikonfirmasi, Senin (7/8/2017).

Disebutkannya, untuk kawasan zona merah diberitahukan kepada warga agar selalu mematuhi imbauan-imbauan yang telah dikeluarkan pihak terkait. Hal ini dikarenakan status Gunung Sinabung yang berada pada Awas atau level IV.

Saat ini jarak pandang dari Pos Pemantau PVMBG ke Gunung Sinabung terpantau jelas dikarenakan kondisi cuaca yang cukup cerah. Jarak Pos Pemantau ke Gunung Sinabung berkisar 9 kilometer dan terletak di Desa Dokum Sirga, Kecamatan Simpang Empat. “Gunung Sinabung terpantau jelas karena cuaca cerah,” sebutnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo Natanail Peranginangin menyebut, Kota Berastagi diselimuti abu vulkanik dari Gunung Sinabung sejak pagi tadi. Hal ini dikarenakan arah angin yang berhembus ke kota wisata tersebut.

“Saat ini kondisi di Berastagi berdebu. Kita juga sedang melaksanakan penyiraman, sekalian bagikan masker ke warga yang beraktivitas di luar ruangan,” sebutnya.

Check Also

WOL Photo

Sibayak dan Sinabung Diusulkan Jadi Geopark

PARAPAT, WOL – Selain geosite/geoarea yang ada di kawasan Danau Toba, Gunung Sibayak dan Gunung ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.