Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Siap Beroperasi, Tengku Erry Tinjau Jalan Tol Medan-Binjai
WOL Photo
WOL Photo

Siap Beroperasi, Tengku Erry Tinjau Jalan Tol Medan-Binjai

MEDAN, WOL – Pembangunan jalan tol Medan -Binjai dari gerbang tol Helvetia- Binjai sepanjang 10,6 Km siap dioperasikan. Tinggal pembangunan jalan tol seksi Tanjung Mulia sepanjang 3,3 Km masih menunggu proses pembebasan lahan yang ditargetkan akan selesai Desember ini.

Persiapan peresmian jalan tol Medan-Binjai ini ditinjau langsung oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Senin (9/10). Tengku Erry didampingi Kadis Pu Bina Marga dan Bina Konstruksi Abdul Haris, Kadis Perhubungan Sumut Anthony Siahaan dan turut hadir pimpro pembangunan jalan tol Medan- Binjai PT Hutama Karya Hestu Budi dan Wali Kota Binjai HM Idaham.

Alhamdulillah saat ini kita bisa meninjau jalan tol yang akan diresmikan oleh Pak Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Jalan ini sudah selesai dimulai dari Helvetia hingga Binjai,” ujar Erry.

Dikatakan Erry, jalan tol ini kondisinya sudah siap untuk diresmikan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Jadi dengan dioperasionalkannya jalan Tol Medan-Binjai ini maka dapat menjadi jalur alternatif untuk mempersingkat jarak tempuh. Jika sebelumnya melalui jalur normal Medan-Binjai ini bisa memakan waktu satu hingga dua jam,” ucap Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, saat ini yang masih menjadi kendala adalah seksi Tanjung Mulia yakni Jalan Kapten Sumarsono sepanjang 3,3 Km yang belum bisa dibangun dikarenakan masih terkendala dengan masalah lahan. “Kalau keseluruhan jalan tol dari Binjai ini bisa menyambung ke jalan tol Tanjung Mulia dan dilanjutkan dari Tanjung Mulia ke Kualanamu dan dari Kualanamu ke Tebing Tinggi,” papar Erry.

Namun saat ini memang masih ada kendala pembebasan lahan di seksi Tanjung Mulia. Hal ini dikarenakan ada tumpang tindih kepemilikan lahan.

“Jadi ini masih ada tumpang tindih masalah lahan, ada masyarakat yang telah lama mendiami kawasan itu, ada yang mengaku memiliki sertifikat tanah, dan ada yang menggugat karena mengaku memiliki Grant Sultan. Makanya sekarang ada tiga kepemilikan inilah yang sedang kita cari solusinya,” ujar Erry.

Dikatakan Erry, untuk solusinya maka akan diserahkan ke ranah hukum dengan konsinyasi kepada pihak pengadilan. “Target kita Desember proses pembebasan lahan itu bisa selesai, sehingga bisa dilanjutkan pembangunan,” kata Erry sembari mengatakan untuk jalan tol dari Helvetia-Binjai tinggal pembenahan penambahan pagar pembatas pengaman yang masih ada beberapa yang masih kosong.

Check Also

WOL Photo

“Bencana Alam Sumut Dapat Perhatian Dunia”

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi memberi apresiasi terhadap perhatian masyarakat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.