Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Setya Novanto Minta Perlindungan Hukum ke Presiden, Ini Respons Jokowi
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Reni Lestari/Okezone)
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Reni Lestari/Okezone)

Setya Novanto Minta Perlindungan Hukum ke Presiden, Ini Respons Jokowi

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan hubungan pemerintah bersama DPR RI akan tetap berjalan dengan baik meskipun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menahan Ketua Parlemen, Setya Novato.

“Ya baik-baik saja (koordinasi eksekutif dengan DPR),” kata Jokowi usai menghadiri acara Simposium Nasional di Balai Kartini, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Kepala Negara itu enggan berkomentar tentang pihak Setya Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut meminta perlindungan kepada Presiden. Apalagi, Jokowi telah meminta Setya Novanto untuk mengikuti proses hukum yang telah berjalan di lembaga antirasuah.

“Saya kan sudah menyampaikan kepada Pak Setya Novanto untuk mengikuti proses hukum yang ada. Sudah,” jelasnya.

Lebih jauh, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tidak akan mendesak agar DPR RI segera melakukan pergantian setelah adanya penahanan terhadap pimpinannya oleh KPK. Sebab, pergantian tersebut harus mengikuti mekanisme yang berlaku di lembaga legeslatif tersebut.

“Di situ kan ada mekanismenya. Ya diikuti aja mekanismenya, ada aturan-aturan yang ada,” ujarnya.

Dikabarkan sebelumnya, Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan dirinya akan menyurati Presiden Jokowi, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian hingga Jaksa Agung HM Prasetyo untuk meminta perlindungan hukum.

Selain itu, ia juga telah memenangkan praperadilan dengan atas penetapan tersangka dugaan korupsi pengadaan proyek e-KTP tersebut.

“Dari mulai melakukan SPDP (Patuh hukum) di Kepolisian dan mengajukan surat kepada perlindungan hukum kepada Presiden, maupun kepada Kapolri, Kejaksaan Agung dan saya sudah pernah praperadilan,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Check Also

Airlangga Hartarto (Foto: Bayu Septianto/Okezone)

Airlangga Undang Jokowi Hadiri Munaslub Golkar

JAKARTA, WOL – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.