_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Sertifikasi Halal Untuk Sepatu dan Pakaian Beratkan Pengusaha
Ilustrasi

Sertifikasi Halal Untuk Sepatu dan Pakaian Beratkan Pengusaha

JAKARTA, WOL – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai sertifikasi halal yang diberlakukan terhadap produk non-makanan, seperti sepatu dan pakaian, akan memberatkan pelaku usaha.

Untuk itu, mereka berharap label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) diberikan gratis sehingga tidak membuat operasional perusahaan membengkak.

“Semua itu akan jadi komponen cost yang memberatkan. Tanpa itu saja sudah banyak sekali tambahan cost, antara lain BPJS Kesehatan, pensiun, tapera dan lain-lain,” ujarnya, tadi malam.

Menurutnya, jika nanti ada kewajiban melakukan sertifikasi produk seperti sepatu dan pakaian, sebisa mungkin biayanya gratis agar tidak memberatkan pengusaha. “Kalapun harus ya enggak perlu ada biaya. Saya enggak tahu detilnya (sertifikasi),” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyatakan, sertifikasi halal terhadap produk non-makanan menjadi hal berlebihan. “Menurut saya itu berlebihan kalau sampai situ. Saya enggak tahu wacana itu maksudnya apa,” ujarnya.

Dia menilai, sertifikasi halal hanya cocok diberlakukan untuk produk makanan dan minuman yang langsung dikonsumsi ke dalam tubuh konsumen.

“Karena itu tidak dikonsumsi masuk dalam perut. Komentar saya itu harusnya enggak bisa itu, kekhawatiran dari disahkannya UU jaminan produk halal tahun 2014 akibatnya bisa dicari-cari apa saja dihalalin. Lama-lama rumah disertifikasi halal, jadi maksudnya keluar dari norma-norma dasar,” tandasnya.

Mengurus sertifikasi halal melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak gratis. Ada biaya yang harus dibayarkan setiap dua hingga tiga tahun sekali sebesar Rp2,5 juta per produk.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani. Dia mengatakan, angka tersebut baru sebatas produk standar yang tidak berbahan baku impor.(snd/data2)

Check Also

Bolehkah Minyak Zaitun Digunakan Berulang Kali?

  DARI beragam jenis minyak sayur yang ada, minyak zaitun dikenal sebagai salah satu pilihan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.