Home / Warta / Mancanegara / Serangan Bom di Masjid, 26 Jamaah Salat Jumat Tewas
Foto: Petugas medis merawat tentara Afghanistan yang terluka pasca serangan bunuh diri di sebuah masjid di distrik Mandozai, provinsi Khost, Jumat (23/11) (foto: AFP)

Serangan Bom di Masjid, 26 Jamaah Salat Jumat Tewas

KABUL,Waspada.co.id – Aksi bom bunuh diri yang menyasar masjid terjadi di wilayah Provinsi Khost, Afghanistan. Akibat serangan di komplek militer itu, sebanyak 26 orang jamaah yang sedang menunaikan ibadah salat Jumat tewas dan mencederai puluhan orang lainnya.

Juru Bicara Tentara Nasional Afghanistan, Kapten Abdullah mengungkapkan, serangan itu terjadi sewaktu pelaksanaan salat Jumat. Saat itu jamaah yang hadir jumlahnya memang lebih banyak dari biasanya.

Saluran televisi Afghanistan, Tolo menyebutkan mereka yang tewas semuanya berasal dari Resimen ke-2 Tentara Nasional Afghanistan di distrik Mandozai.

Hingga kini pihak otoritas setempat sedang melakukan untuk mengungkap dalang penyerangan ini. Serangan tersebut terjadi dua hari pasca-serangan bom bunuh diri yang menewaskan puluhan orang di Kabul dalam suatu upacara keagamaan.

Keamanan di Afghanistan dilaporkan belakangan semakin memburuk. Misi Bantuan PBB di sana yakni UNAMA mencatat bahwa jumlah tertinggi warga sipil yang tewas dan luka, hampir mencapai 1.700 orang, antara Januari dan Juni tahun ini.

Pada November ini Presiden Ashraf Ghani mengungkapkan bahwa hampir 30 ribu personel keamanan Afghanistan meregang nyawa sejak awal 2015 silam sewaktu Afghanistan mengambil alih tanggung jawab keamanan negaranya dari NATO.

Amerika Serikat (AS) kini berusaha untuk memulai perundingan dengan Taliban guna membantu menyusun peta jalan menuju perdamaian. Utusan khusus negeri Paman Sam, Zalmay Khalilzad berada di kawasan itu selama lebih dari sepekan. Ia bertemu para wakil Taliban di Doha, Qatar, serta berbagai kelompok masyarakat Afghanistan.(/data1)

Check Also

Militan Taliban Batalkan Perundingan Damai

QATAR, Waspada.co.id – Kelompok militan Taliban menyatakan membatalkan perundingan damai dengan perwakilan Amerika Serikat, Zalmay ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: