Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Sepanjang 2018, Inflow Sumut Naik 18 Persen
Direktur Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumut, Andiwiana S.(Eko kurniawan).

Sepanjang 2018, Inflow Sumut Naik 18 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Sepanjang 2018, pencapaian inflow di Sumut sekitar Rp36,7 triliun atau naik 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Disampaikan Direktur Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumut, Andiwiana S, bahwa setoran uang ke perbankan (inflow) di Sumatera Utara terus meningkat.

“Di mana dalam kurun dua tahun terakhir inflow perbankan meningkat dan lebih tinggi dari outflow (penarikan) perbankan,” tuturnya, Jumat (18/1).

Sementara untuk outflow juga meningkat 7 persen secara YoY dibandingkan tahun 2017. Dan tingginya transaksi inflow dibandingkan outflow menunjukkan bahwa kondisi keuangan masyarakat membaik atau kesadaran menabung semakin tinggi.

“Hal tersebut menyebabkan, kasir perbankan bekerja ekstra untuk melayani nasabah. Perbankan terus berbenah dalam melayani nasabah. Diantaranya, menyiapkan tenaga kasir yang lebih banyak serta menyediakan layanan cash yang lebih banyak khususnya pada hari besar keagamaan,” katanya.

Dengan rata-rata tiket size sebesar 3,93 miliar pada tahun 2018 meningkat dari 3,34 miliar tahun 2017. Di sisi lain, volume dan nominal transaksi Real Time Gross Settlement (RTGS) cenderung meningkat.

“Sementara untuk volume transaksi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) cenderung menurun,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tahun 2018, Perbankan Sumut Bukukan Kredit Rp219,6 Triliun

MEDAN, Waspada.co.id – Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Hilman Tisnawan, menerangkan Perbankan Sumatera ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: