_
Home / Warta / Mancanegara / Sepakat Eksplorasi Laut China Selatan, Duterte: Tak Mungkin Menang Lawan China
Presiden China Xi Jinping (kanan) saat bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte (AP)

Sepakat Eksplorasi Laut China Selatan, Duterte: Tak Mungkin Menang Lawan China

BUENOS AIRES, Waspada.co.id – Suatu perjanjian mengenai eksplorasi energi di laut dianggap sebagian kalangan sebagai upaya untuk terus memperbaiki hubungan antara China dan Filipina, negara-negara yang sebelumnya saling bertentangan sampai-sampai sengketa mengenai kedaulatan maritim mereka diajukan ke mahkamah arbitrase dunia.

Para pejabat Filipina dan China menandatangani nota kesepahaman pada 20 November lalu untuk bersama-sama mencari minyak atau gas di dalam Laut China Selatan. Kedua negara memperebutkan kedaulatan atas beberapa bagian laut tersebut, menyebabkan Filipina mengajukan gugatan untuk mendapatkan arbitrase dan memenangkan kasusnya melawan China pada tahun 2016.

Selama dua tahun belakangan, China telah mengulurkan bantuan ekonominya ke Filipina yang relatif miskin. Presiden Filipina Rodrigo Duterte kemudian mengesampingkan sengketa kedaulatan itu, seraya menyatakan negaranya tidak mungkin akan dapat memenangkan perang dengan China.

Tetapi pemerintah Filipina menyatakan tidak akan menerima kurang dari 60 persen bagian hasil temuan bahan bakar fosil, dan China diperkirakan akan mematuhinya sebagai cara membangun hubungan yang lebih kuat dengan Filipina, yang warganya masih meragukan hal tersebut. (voa/data2)

Check Also

Ancam Kedaulatan, India Boikot Proyek Jalur Sutera China

BEIJING,Waspada.co.id – India menentang hubungan konektivitas bernilai miliaran dolar antara China dan Pakistan, yang melewati Kashmir, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: