Home / Warta / Politik / “Seorang Demokrat Harus Mampu Menghargai Pendapat Orang Lain”
foto: kompas

“Seorang Demokrat Harus Mampu Menghargai Pendapat Orang Lain”

BOGOR, WOL – Ada yang menarik dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Di mana orang nomor satu di Indonesia Jokowi menyebut seorang demokrat itu harus mampu menghargai pendapat orang lain dan menghargai segala perbedaan.

“Nah, kurang lebih saya memenuhi lah kriteria-kriteria itu. Artinya saya dan Pak SBY beda-beda tipis. Kalau saya seorang demokrat, kalau Pak SBY tambah satu, Ketua Umum Partai Demokrat. Jadi bedanya tipis sekali,” kata Jokowi seperti dilansir dari laman viva.co.id, Sabtu (10/3).

Lebih lanjut Jokowi menambahkan bahwa demokrasi adalah pilihan perjalanan bangsa yang harus kita hormati. Sesuai dengan ideologi dan nilai-nilai etika serta memberikan manfaat bagi kepentingan umum.

“Melalui empat kali amandemen UUD 1945, kita juga memilih sistem desentralisasi pemerintahan. Sistem kepartaian kita berubah jadi multipartai. Yang dikombinasikan dengan pemilihan secara langsung,” ujarnya.

Jokowi juga menyebut kebebasan politik setiap warga negara juga harus dijamin. Termasuk kebebasan seluruh masyarakat untuk berorganisasi. Yang membuat demokrasi semakin seru menurutnya adalah perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat. Media sosial membuat interaksi semakin cepat dan mudah.

“Media sosial bagai media tanpa redaksi. Medsos juga kadang untuk menyebarkan berita bohong, hoax, mengumbar kebencian. Dan ini hampir ada di semua negara. Saya kira semua pemimpin pernah mengalaminya,” terangnya.(wol/mrz/viva/data1)

Check Also

SBY Ajak Lanjutkan Program Jokowi Yang Dinilai Baik

KEBUMEN, Waspada.co.id – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak semua warga untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: