_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Sensus Penduduk, Ini Total Petugas Disiapkan BPS
Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi.

Sensus Penduduk, Ini Total Petugas Disiapkan BPS

MEDAN, Waspada.co.id – Di tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara akan merekrut sekitar 21.000 petugas Sensus Penduduk.

Saat ini, BPS Sumut sedang menyiapkan tujuh tahapan untuk pelaksanaan sensus. Demikian hal ini disampaikan Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi, usai acara Hari Statistik Nasional (HSN) 2019, Kamis (26/9).

Dan perekrutan calon petugas sensus itu akan segera dilakukan dengan cara terbuka. Petugas itu akan membantu petugas dari BPS Sumut yang sudah dipersiapkan mendata penduduk.

“Akan ada 21.000 petugas yang siap mendata pada sensus penduduk 2020,”

BPS Sumut menyiapkan tujuh tahapan untuk mensukseskan sensus. Tahapan pertama sudah mulai dilakukan yakni melakukan koordinasi dengan pihak diluar BPS seperti pemerintah daerah mau pun organisasi masyarakat.

“Dan untuk pendataan mandiri, merupakan tahapan ketiga yang diawali dengan pendataan secara mandiri yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret,” katanya.

Pendataan mandiri ini lebih ditujukan kepada kelompok milenial. Sementara pendataan dari pintu ke pintu baru akan dilakukan pada bulan Juli 2020. Sensus penduduk di 2020 mendatang merupakan sensus penduduk ke tujuh yang akan dilakukan BPS.

“Ada enam pelaksanaan sensus penduduk sebelumnya dilakukan hanya dengan satu metode yakni mendatangi langsung penduduk yang akan disensus. Sementara di sensus penduduk ke tujuh, BPS akan menggunakan metode pendataan mandiri,“jelasnya.

“Untuk Sumatera Utara sendiri, metode pendataan mandiri ditargetkan bisa menghimpun data hingga 22 persen,” tandasnya.(wol/eko/data2)

适适

Check Also

Kunjungan Wisatawan ke Sumut Meningkat 19,71 Persen

MEDAN, Waspada.co.id –Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.