Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Semua Pihak Diminta Tunggu, KPK Bakal Beri Kejutan di Kasus Century?
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Okezone)
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Okezone)

Semua Pihak Diminta Tunggu, KPK Bakal Beri Kejutan di Kasus Century?

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menegaskan, penyidik lembaga antirasuah masih terus mengusut kasus korupsi skandal Bank Century sejak 2015 silam. Namun, KPK meminta semua pihak untuk menunggu. Mungkinkah KPK akan berikan kejutan?

Pada 2015 sendiri, terpidana Budi Mulya telah memiliki kekuatan hukum tetap atas vonisnya dalam kasus korupsi atas pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) pada Bank Century.

“Sejak putusan 2015 Jaksa Penuntut KPK terus perlahan memperhatikan kelanjutan kasus ini. Kita tunggu saja bagaimana KPK menindaklanjuti kasus ini (korupsi Bank Century),” kata Saut saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Desakan penuntasan kasus korupsi Bank Century sendiri kembali menguat setelah adanya putusan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan soal kasus Century yang diajukan oleh Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman.

Dalam putusannya, hakim tunggal Effendi Mukhtar memerintahkan agar lembaga antirasuah untuk melanjutkan penyidikan kasus Bank Century.

Terkait hal tersebut, Saut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu kinerja dari KPK. Tetapi, Saut menekankan, dalam menjalankan tugasnya, lembaga antikorupsi akan bekerja sesuai dengan Undang-Undang (UU) KPK dan KUHAP.

“Jadi, KPK bekerja bukan karena putusan seseorang atau desakan pihak lain di luar KPK baru bekerja,” tegas Saut.

Saut mengungkapkan, dalam putusan Budi Mulya, pihaknya memang memiliki keyakinan ada peristiwa pidana dalam pemberian FPJP dan penyertaan modal sementara (PMS) yang dinilai telah merugikan keuangan negara.

“Bagaimana KPK memproses ini selanjutnya KPK lebih pada keterbatasan resources (sumber),” ucap Saut.

Putusan Praperadilan Nomor 24 / Pid.Prap/2018 / Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, memerintahkan untuk melakukan proses hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century dalam bentuk melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka terhadap Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede dkk.

Dan melanjutkannya dengan pendakwaan dan penuntutan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat atau melimpahkannya kepada kepolisian atau kejaksaan untuk melakukan penyidikan dan penuntutan dalam proses persidangan di PN Tipikor Jakarta Pusat.

Check Also

WOL Photo/Ega Ibra

15 Mantan dan Anggota DPRD Sumut Kembalikan Uang Suap

MEDAN, WOL – Belasan anggota maupun eks anggota DPRD Sumatera Utara  mengembalikan uang suap yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.