Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Sempat Dilarang, Indonesia Tambah Ekspor Manggis ke China
Foto: Manggis (Dok. Badan Karantina Pertanian)

Sempat Dilarang, Indonesia Tambah Ekspor Manggis ke China

Waspada.co.id – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan volume ekspor manggis ke China/Tiongkok akan ditambah. Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Suwandi mengatakan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sudah memberikan arahan untuk melakukan peningkatan ekspor komoditas tersebut.

Pada Januari, Indonesia telah mengekspor satu ton manggis ke China. “Dalam waktu dekat, manggis dari 50 kota dan kabupaten Sumatera Barat segera dipasok ke China,” kata Suwandi saat mengunjungi kebun manggis, Ahad (5/8).

Suwandi menjelaskan, proses ekspor tidak instan. Prosesnya dilakukan mulai dari penyiapan kebun, registrasi, dan penyiapan packaging house, sampai pengurusan perizinan ekspor.

Suwandi menilai eratnya hubungan bilateral Indonesia dan China memberikan dampak positif bagi perdagangan kedua negara. “Salah satunya adalah dibukanya kembali peluang ekspor manggis ke China setelah empat tahun sejak dikeluarkannya larangan impor komoditas tersebut dari Indonesia,” jelas Suwandi.

Indonesia terakhir kali mengekspor manggis ke China pada 2013. Nilainya hanya 93 ribu dolar, merosot dari tahun sebelumnya yang mencapai 36 juta dolar AS. Transaksi pada 2012 berasal dari ekspor 8,2 ribu ton manggis. Angka itu menjadikan China pangsa pasar manggis terbesar bagi Indonesia (18,84 persen).

China menghentikan impor manggis dari Indonesia pada 2014 karena kandungan zat kimianya melebihi batas toleransi yang berlaku di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu. Pada 2016, Indonesia sempat mencoba mengekspor manggis ke China. Namun nilainya sangat kecil, hanya 27 ribu dolar AS.

Pada 2017, Indonesia sama sekali tidak mengekspor manggis ke China. Keran ekspor ke Cina dibuka kembali pada akhir 2017. Protokol manggis ditandatangani Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) dan Badan Karantina China (AQSIQ) pada 11 Desember 2017. (wol, republika/devi)

Check Also

Perang Dagang AS-China Bikin Hubungan China-Jepang Membaik

BEIJING, Waspada.co.id – Perang dagang antara AS-China menyebabkan hubungan China dan Jepang lebih dekat. Seberapa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: