Breaking News
_
Home / Warta / Mancanegara / Selidiki Kasus Khashoggi, Direktur CIA Terbang ke Turki
Direktur CIA Gina Haspel (nytimes.com)

Selidiki Kasus Khashoggi, Direktur CIA Terbang ke Turki

ISTANBUL, Waspada.co.id – Direktur CIA Gina Haspel melakukan perjalanan ke Turki terkait isu internasional yang berkembang soal kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, seperti disebutkan sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters, Senin (22/10). Wartawan itu disebut telah dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa ia telah mengerahkan “orang-orang intelijen top di Turki,” tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Kedatangan Direktur CIA ini setelah Presiden turki Tayyip Erdogan bersumpah untuk mengungkap seluruh kejadian atas apa yang mereka sebut sebagai upaya pembunuhan yang diarahkan oleh Saudi dan bagaimana mereka berusaha menutupinya.

Kedatangan direktur ini dipekirakan menjadi usaha intelijen AS untuk mengakses informasi yang dimiliki Turki, termasuk file audio yang dimiliki pejabat Turki yang berhasil merekam pembunuhan itu.

Pejabat intelijen semakin skeptis atas pernyataan Saudi dan menyatakan bahwa ide Presiden Trump atas adanya pembunuh keji yang terbang ke Istanbul dan membunuh Khashoggi tanpa sepengetahuan pemimpin Saudi sangat meragukan, seperti dinyatakan oleh Gedung Putih.

Kemarin, Presiden Trump menyatakan kepada reporter bahwa,” saya tidak puas dengan apa yang saya dengar” dari Arab Saudi dan akan melakukan penyelidikan hingga ke akar-akarnya.

“Kami memiliki intelijen di Turki. Kami akan melihat apa yang kami miliki. Saya akan mengetahui lebih banyak besok,” jelasnya, “Mereka akan kembali malam ini atau besok pagi. tapi kami memiliki orang di Arab Saudi dan Turki,” seperti dikutip The Washington Post.

Juru bicara CIA menolak untuk memberikan komentar. Juru bicara lainnya menyebut bahwa kunjungan direktur CIA dilakukan secara anonim, karena perjalanan ini mambawa isu yang sensitif.

Kekhawatiran kepala intelijen AS bagi Washington adalah jika Erdogan akan membuka detil pembunuhan Khashoggi yang akan memengaruhi Putera Mahkota Mohammed bin Salman (MbS). Sebab ia telah menjadi sekutu kunci bagi Trump dan saat ini menjadi penguasa Saudi secara de facto. (cnn)

Tags: khashoggi, trump, jerman, turki

tags seo: Wartawan Pengkritik Raja Salman, Khashoggi dibunuh di dalam konsulat Saudi, Wartawan Saudi Pengkritik Raja Salman Hilang di Turki, Jamal Khashoggi, wartawan senior Arab Saudi, pemerintahan Raja Salman, kantor konsulat Saudi di Istanbul, kolumnis The Washington Post, editor The Washington Post, Polisi Turki Geledah Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Konsuler Jenderal Saudi di Istanbul, Muhammad Otaibi, Menlu AS Temui Presiden Turki Bahas Wartawan Hilang, Terduga Pembunuh Jurnalis Jamal Khashoggi, CCTV Rekam Pelaku Pembunuhan Keluar Konsulat Menyamar Sebagai Khashoggi, wartawan pengkritik Raja Salman, Direktur CIA Gina Haspel, CIA selediki kasus khashoggi, penguasa Saudi secara de facto

foto: Direktur CIA Gina Haspel (Today Show)

Check Also

Ini Alasan Trump Tunjuk Juru Runding Nuklir Korut Jadi Dubes Baru AS untuk Indonesia

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menunjuk diplomat yang membantu mengorganisir ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: