Home / Fokus Redaksi / Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Ilustrasi (WOL Photo)

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

JAKARTA, WOL – Setelah menggelar sidang Isbat, Kementerian Agama menetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu (27/5). Keputusan ini dibacakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Malam ini sudah masuki 1 Ramadan. Dan karenanya, besok 27 Mei, kita awali puasa Ramadhan tahun ini,” kata Lukman.

Lukman kemudian mengucapkan selamat berpuasa kepada seluruh umat Islam. Sebelumnya, paparan dari anggota badan hisab dan rukyat yang menjelaskan posisi hilal, tidak hanya dilihat dari Tanah Air, tapi juga dari penjuru dunia.

Dari paparan dijelaskan berdasarkan perhitungan hisab, maka ketinggian hilal di 8,51 derajat, lalu elokasi atau jarak busur bintang dan matahari berada pada 8,73 derajat, dan umur hilal 14 jam 57 menit dan 32 detik.

“Inilah perhitungan hisab yang tentu perlu dikonfirmasi berdasarkan penghilatan, laporan dari empat titik karena Kemenag NTT, Sulawesi utara, Jaitm, dan Kepulauan Seribu berdasarkan mereka semua berhasil lihat hilal. Maka dengan dua hal tadi, seluruh peserta sidang sepakat,” katanya.

Pemantauan hilal dilakukan di 77 titik di Indonesia. Kemenang mendapatkan laporan dari 4 titik yang kesaksiannya diatas sumpah.

Di Medan, Sumatera Utara, pemantauan hilal juga dilakukan di kantor Gubernur Sumatera Utara, Kampus Pascasarjana UMSU Jalan Denai dan di Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah yang ada di wilayah pantai barat. (inilah/ags)

Check Also

IKA PPLP Main Bola dan Berbagi Takjil

MEDAN, Waspada.co.id – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara semakin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: