Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Selain Situs Dewan Pers, Pegawai Hotel Ini Sudah Meretas 100 Kali
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Selain Situs Dewan Pers, Pegawai Hotel Ini Sudah Meretas 100 Kali

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Selain melakukan peretasan terhadap situs Dewan Pers, pria berinisial AS (28) ternyata juga sudah melakukan hal serupa pada 100 kali. Dan pada Kamis 8 Juni 2017 malam, ‎Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berhasil meringkusnya.

“Pelaku ini sudah melakukan peretasan sebanyak 100 kali, termasuk situs dari Kejaksaan Agung juga pada beberapa waktu lalu,” ujar Kasubdit II Ditsiber Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Himawan Bayu Aji, di Gedung Ditsiber Bareskrim Mabes Polri, Jumat (9/6/2017).

Penangkapan tersebut, sambungnya, dilakukan di salah satu hotel sekira pukul 22.00 WIB. Pelaku tidak melakukan perlawanan dan langsung diboyong ke Ditsiber Bareskrim Mabes Polri.

“Tadi malam, 8 Juni di Hotel Griya Surya, telah ditangkap pelaku defacing terhadap situs dewan pers yang pada tanggal 3 Juni lapor tentang kejadian tersebut,” kata Himawan.

Pelaku yang menggunakan username M2404 ini merupakan seorang penjaga hotel di lokasi. Adapun motif pelaku melakukan peretasan bukan karena ekonomi, melainkan lantaran ingin mendapatkan pengakuan dari sesama rekan peretasnya.

Himawan menambahkan, pelaku mempelajari cara meretas secara otodidak dari internet. AS juga diketahui mahir meretas sejak bekerja menjadi penjaga internet sejak 2013. “Banyak situs yang telah di-hack, kita akan telusuri lagi situs-situs apa saja yang sudah di hack,” ujarnya.

Polisi berhasil menyita beberapa barang bukti yaitu berupa KTP, Modem, Notebook dan juga beberapa handphone. Pelaku dikenakan Pasal 50 UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dengan ancaman penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp600 juta‎.

Check Also

Menko Darmin Prediksi Defisit Transaksi Berjalan Turun di Kuartal IV

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) telah merilis defisit transaksi berjalan (current account deficit) di kuartal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: