_
Home / Warta / Mancanegara / Selain Mahathir, Ini Deretan Pemimpin Negara Sahabat yang Pastikan Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma’ruf
Foto: PM Malaysia Mahathir Mohamad akan menghadiri pelantikan Presiden RI Joko Widodo (Dok. Biro Pers Sekretriat Presiden)

Selain Mahathir, Ini Deretan Pemimpin Negara Sahabat yang Pastikan Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA, Waspada.co.id – Kepala Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo memastikan sedikitnya ada 6 kepala negara yang akan hadiri pelantikan Jokowi-Ma’ruf, Minggu (20/10).

“Hampir seluruh pemimpin negara ASEAN, negara sahabat kita konfirm hadir, termasuk perdana menteri Australia hadir,” kata Bambang, Jumat (18/10).

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan PM Singapura Lee Hsien Loong dijadwalkan menghadiri pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI terpilih 2019-2014 Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Minggu (20/10).

Berdasarkan rilis resmi pemerintah Malaysia, Mahathir akan ditemani istrinya, Siti Hasmah Mohd Ali, Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah, serta beberapa pejabat tinggi dari Kementerian Luar Negeri Malaysia.

“Kunjungan ini merupakan simbol hubungan bilateral yang hangat dan dekat antara Malaysia dan Indoensia, dan tentu akan memperkuat ikatan persahabatan antar-kedua negara,” demikian bunyi pernyataan resmi dari Putra Jaya.

Sementara itu, Lee Hsien Loong secara pribadi akan memberikan selamat kepada Joko Widodo yang terpilih untuk kedua kali menjadi Presiden RI. PM Singapura itu juga akan menegaskan komitmen untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara yang sempat dibahas dalam pertemuan dengan Jokowi awal bulan ini.

Pada pertemuan itu, kedua pemimpin negara sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi digital, perindustrian, wisata, dan infrastruktur.

Sementara, Wakil Presiden China Wang Qishan sendiri telah berada di Indonesia sebelum acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Sebelum menghadiri acara pelantikan, Wang mengunjungi Istana Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (19/10) siang.

Wang juga berkunjung ke Kota Solo dan bertemu dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo beserta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Pertemuan ini diharpakan dapat menjalin kerja sama antara China dengan Pemerintah Solo dan Jawa Tengah.

Selain itu, Raja Eswatini Raja Mswati 3 juga turut hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Eswatini merupakan sebuah negara kecil di Afrika Selatan yang terletak di antara Afrika Selatan dan Mozambik.

Negara yang meraih kemerdekaannya pada tahun 1968 itu semula bernama Swaziland. Penggantian nama Swaziland menjadi Eswatini dilakukan pada perayaan setengah abad kemerdekaan negara itu, April 2018 lalu.

Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah juga memastikan diri untuk menghadiri acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Nama Bolkiah sendiri menjadi salah satu raja terkaya di dunia, mengalahkan Raja Salman. Kekayaannya diperkirakan mencapai 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 285 triliun.

Bolkiah juga pernah dianugerahi warga kehormatan oleh Korps Pasukan Khas TNI AU 2008 silam. Pada Mei 2018, ia mengunjungi Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Bersama dengan Jokowi, Bolkiah kompak mengenakan seragam loreng-loreng yang merupakan seragam militer Brunei.

Perdana Menteri Australia Scott Morisson dipastikan akan menghadiri pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Mantan Menteri Keuangan Australia itu menduduki jabatan sebagai perdana menteri sejak Agustus 2018 lalu.

Hubungan antara Indonesia-Australia sendiri sempat bersitegang setelah Australia mempertimbangkan rencana pemindahan Kedutaan Besar di Tel Aviv ke Yerussalem. (cnn/kcm/data1)

适适

Check Also

Enam Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan oleh Presiden Jokowi

  JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Negara, Jimly Asshiddiqie, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.