_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Selain Gatot Kepala Kesbanglinmas Juga Tersangka Bansos

Selain Gatot Kepala Kesbanglinmas Juga Tersangka Bansos

JAKARTA, WOL – Selain Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Kepala Kepala Badan Kesbanglinmas Pemrpov Sumut, Eddy Syofian juga ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) tahun anggaran 2013-2014 oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Arminsyah menyebutkan Eddy Syofian berperan meloloskan data penerima bansos meskipun belum melengkapi syarat prosedur yang berlaku. Penetapan keduanya sebagai tersangka melalui serangkaian proses penyelidikan dan penyidikan panjang.

Sementara Gatot Pujo Nugroho menurut Arminsyah ditetapkan tersangka  setelah penyidik menemukan bukti yaitu tidak melakukan verifikasi terhadap penerima dana hibah dan bansos tersebut.

“Termasuk dalam penetapan SKPD yang mengelola. Sedangkan Eddy meloloskan data-data yang sebenarnya belum lengkap, antara lain keterangan LSM yang tidak diketahui oleh desa penerima dana bansos,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk sementara kerugian negara akibat dugaan korupsi dana bansos itu sebesar Rp 2,2 miliar.

Sejauh ini, sudah ada 274 saksi yang diperiksa, baik dari pejabat Pemprov Sumut hingga penerima dana bansos.

Selanjutnya, penyidik akan memeriksa Gatot dan Eddy. Untuk memeriksa Gatot, Kejaksaan juga akan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sebab, Gatot saat ini merupakan tahanan KPK dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap terhadap hakim PTUN Medan.

Arminsyah juga memastikan bakal ada tersangka lain selain Gatot dan Eddy. Namun, Arminsyah memilih menunggu bukti yang cukup sebelum mengungkapkannya.(wol/rdn/kompas/data2)

Check Also

KPK Ingin Kurikulum Anti-Korupsi Masuk ke Sekolah, tapi Tidak Ada Ujiannya

SURABAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi menekankan pentingnya kurikulum antikorupsi masuk sekolah-sekolah dalam rangkaian kegiatan “roadshow” ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: