Home / Warta / Politik / Sehari Ada Ribuan Hoaks, DPR Minta Aparat Tak Pandang Bulu Tangkap Pelakunya
Ilustrasi

Sehari Ada Ribuan Hoaks, DPR Minta Aparat Tak Pandang Bulu Tangkap Pelakunya

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta aparat dan seluruh instansi berwenang menindak tegas pelaku penyebaran hoaks. Hal itu diungkapkannya menyusul temuan Polri atas jumlah rata-rata hoaks dalam sehari mencapai 3.500 informasi hoaks.

Polri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), harus melakukan langkah antisipatif. Sebab, jumlah hoaks bakal terus meningkat seiring pemilihan legislatif dan presiden pada April 2019.

“Tindak tegas pelaku yang terbukti menyebarkan hoaks di media online, media cetak, maupun medsos (media sosial) sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu kepada wartawan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Di sisi lain, Bamsoet menekankan agar perlunya edukasi terhadap masyarakat supaya tidak mudah termakan hoaks. Yakni, bisa dengan melakukan kroscek terhadap informasi yang diterima. Di sini peran Kemenkominfo diperlukan.

Seluruh masyarakat juga diimbau agar tidak menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/atau peserta pemilu yang lain. Pasalnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dan partai politik peserta Pemilu 2019 saja sudah sepakat berkampanye secara damai.

“Mohon agar tidak menghasut dan mengadu domba peserta pemilu perseorangan ataupun masyarakat, terutama menjelang Pemilu 2019, sesuai ketentuan yang tercantum dalam Pasal 280 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, sesuai dengan Deklarasi Kampanye Damai,” tuturnya.

Legislator Golkar itu juga mendorong Polri, TNI, pemerintah daerah (pemda), tokoh-tokoh agama, guru, maupun dosen bisa saling bersinergi dalam memerangi hoaks. Hal itu untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Check Also

Koalisi Jokowi-Ma’ruf Berkomitmen Kampanye Tanpa Hoaks

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar kampanye damai Pemilu Serentak 2019 pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: