Home / Warta / Indonesia Hari Ini / SDA: Mungkin KPK balas dendam
detiknews.com

SDA: Mungkin KPK balas dendam

JAKARTA, WOL – Suryadharma Ali (SDA) menuding penahanan yang dilakukan oleh KPK adalah balas dendam pada dirinya. Menurut bekas Menteri Agama itu, balas dendam KPK terkait gugatan praperadilan.

“Bisa jadi saya ditahan mulai hari ini, bisa jadi (pihak KPK) balas dendam karena saya melakukan praperadilan,” kata SDA usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/4).

Apabila kecurigaannya benar, tambah SDA, maka dirinya sangat menyayangkan. Sebab, sebagai lembaga yang dipervaya oleh masyarakat tidak boleh melakukan hal seperti itu.

“KPK lembaga istimewa tidak ada SP3. Kehati-hatian diutamakan,” ujar SDA sembari mersangsuk ke dalam mobil tahanan KPK.

Diketahui, SDA ditahan KPK setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama tahun 2012-2013.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengatakan, SDA ditahan untuk 20 hari pertama.

“Ditahan demi kepentingan penyidikan,” kata Priharsa. KPK menahan SDA di rumah tahanan Pomdam Jaya Guntur.

Sebelumnya, KPK resmi menetapkan SDA sebagai tersangka kasus ini pada 22 Mei 2014. SDA diduga menyalahgunakan dana penyelenggaraan haji yang mencapai Rp1 triliun. Dana itu berasal dari APBN dan setoran calon jamaah haji melalui tabungan haji.

Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu diduga melakukan korupsi dalam biaya perjalanan ibadah haji (BPIH), pengadaan pemondokan, transportasi, katering, serta pemberangkatan haji pejabat dan sejumlah tokoh dengan menggunakan dana masyarakat.

Atas perbuatannya bekas Ketua Umum PPP ini, dijerat dengan pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 dan juncto pasal 65 KUHPidana. (inilah/data2)

Check Also

Dibawa ke RS, KPK Belum Tahu Kondisi SDA

JAKARTA, WOL – Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: