Home / Warta / Mancanegara / Saudi Terapkan Aturan Baru, Mengolok Pemerintah di Medsos Diganjar 5 Tahun Penjara
foto: The National

Saudi Terapkan Aturan Baru, Mengolok Pemerintah di Medsos Diganjar 5 Tahun Penjara

JEDDAH, Waspada.co.id – Arab Saudi meluncurkan aturan baru untuk mengurangi para pengganggu ketertiban umum di dunia maya. Mereka yang sering mengungkapkan sindiran-sindiran di media sosial, akan diganjar hukuman lima tahun penjara.

“Memproduksi dan mendistribusikan konten mengolok-olok, mengejek, serta memprovokasi hingga akhirnya mengganggu ketertiban umum, nilai-nilai agama, dan moral di media sosial, akan dianggap telah melakukan kejahatan di dunia maya,” kata jaksa penuntut umum di negara tersebut, dikutip dari AFP, Rabu (5/9).

“Oleh karena itu, mereka yang melakukannya akan dijatuhi hukuman maksimal lima tahun penjara dan denda 3 juta riyal (atau Rp 11,9 miliar),” tambahnya.

Aturan ini semakin diperketat di bawah kepemimpinan Pangeran Muhammad bin Salman. Banyak aktivis dari kelompok HAM dan juga pembangkang politik yang mengecam aturan cybercrime di negara tersebut.

Mereka khawatir dengan adanya aturan ini, semakin banyak para aktivis yang ditangkap karena menyuarakan protes.

Saat ini, puluhan warga Saudi banyak yang ditangkap dan dihukum atas tuduhan perbedaan pendapat di bawah undang-undang, terutama dengan ungkapan protes yang diunggah melalui Twitter.

Pada September tahun lalu, pihak berwenang meminta kepada masyarakat untuk melaporkan kegiatan di media sosial yang dinilai mengganggu ketertiban umum. Pihak berwenang mendefinisikan kejahatan siber sebagai kejahatan ‘teroris’. (merdeka/afp/ags/data1)

Check Also

Eks Anggota Polisi “Gol” Hina Kapolri dan Kapoldasu

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut meringkus pelaku penghina Kapolda Sumut dan Kapolri melalui media sosial, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: