_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Sang Pendekar Pena, Mahbub Djunaidi Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Mahbub Djunaidi (foto: ist)

Sang Pendekar Pena, Mahbub Djunaidi Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

JAKARTA – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menggelar launching Mahbub Djunaidi Institut, di Gedung Joang Menteng, Jakarta Pusat. Selain itu acara tersebut juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional yang bertajuk Mahbub Djunaidi For Pahlawan Nasional.

PMII menilai bahwa sosok Mahbub Djunaidi sangat layak untuk mendapat gelar pahlawan nasional. Sebab, ketua umum pertama PMII itu memiliki banyak prestasi dan konstribusi kepada bangsa Indonesia.

Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang mengatakan, kegiatan tersebut langkah awal PMII untuk mendorong Mahbub Djunaidi menjadi pahlwan nasional. Menurutnya, harus ada lembaga khusus yang bertugas mengkaji hal-hal terkait upaya dalam memperjuangkan Mahbub Djunaidi menjadi pahlawan nasional. Karena itu, PB PMII membentuk Mahbub Djunaidi Institut.

“Wacana ini sudah lama, sekarang kita bentuk lembaga khusus yang akan mengkaji tentang itu,” jelas Agus.

Dia juga menyampaikan, bahwa ke depan PMII akan menggelar seminar di daerah-daerah. Seminar tersebut juga akan melibatkan sejumlah tokoh untuk membhas terkait wacana pahlawan nasional yang ingin disematkan kepada pria kelahiran Jakarta, 27 Juli 1933 itu.

“Nanti di cabang-cabang dan PKC juga akan membuat seminar-seminar tentang ini,” terangnya.

MAHA

Sementara itu, Ketua Umum PB PMII 1997-1981, Ahmad Bagja juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, Mahbub Djunaidi sangat layak menjadi pahlawan nasional.

“Sebenarnya ini sudah terlambat. Mestinya dari dulu Mahbub Djunaidi disematkan sebagai pahlawan nasional,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa Mahbub Djunaidi merupakan sosok yang banyak dikagumi. Khususnya di kalangan NU, PMII hingga jurnalis. Prestasinya sangat banyak.

Saat menjadi ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mahbub Djunaidi telah meletakkan dasar kebebasan pers. Dia memperjuangkan kebebasan informasi dan berpendapat di muka umum. Hal tersebut tentu dapat menjadi salah satu pertimbangan dan kajian untuk menyematkan gelar pahlawan nasional pada Mahbub Djunaidi.

Sementara itu, Inisiator Mahbub Djunaidi For Pahlawan Nasional, Miftahul Khoir Akhyar, mengatakan bahwa Mahbub Djunaidi menjadi pahlawan nasional adalah cita-cita besar kader PMII se Indonesia.

Dia bersama alumni maupun kader PMII lainnya secara terus menerus melakukan pengkajian terkait hal tersebut. Selaku inisiator, dia terus menerus menyambangi para alumni dan tokoh PMII untuk mendiskusikan hal tersebut. Hasil dari diskusi yang dilakukannya, Mahbub Djunaidi sudah masuk klasifikasi sebagai pahlawan nasional.

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Kaka ini, akan terus berupaya dan mendorong hingga pemerintah benar-benar menetapkan Mahbub Djunaidi menjadi pahlawan nasional.

“Saya selaku inisiator bersama sahabat-sahabat yang lain akan terus mendorong ini. Bila perlu kita barengi dengan adanya aksi-aksi,” tegasnya dengan penuh semangat.

Kaka juga mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi kepada para alumni dan kader PMII se Indonesia yang sangat mendukung gagasannya itu. Baginya, dukungan para alumni dan kader PMII se Indonesia menjadi motivasi untuk Mahbub Djunaidi Institut ke depannya dalam memperjuangkan gelar pahlawan nasional untuk Mahbub Djunaidi.

“Kami siap memberikan pemikiran, meluangkan waktu dan energi untuk Mahbub Djunaidi menjadi pahlawan nasional. Sekali lagi, ini cita-cita besar kami,” pungkasnya.

Check Also

Pengajuan Mr SM Amin Nasution sebagai Pahlawan Nasional Disetujui TP2GD

MEDAN, Waspada.co.id –  Pengajuan Mr Sutan Muhammad (SM) Amin Nasution sebagai pahlawan nasional disetujui Tim ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.