_
Home / Warta / Politik / Sakhyan: Pemindahan Ibu Kota Tepat, Tapi Perlu Pertimbangan Lebih Jauh
WOL Photo/Odi Siregar

Sakhyan: Pemindahan Ibu Kota Tepat, Tapi Perlu Pertimbangan Lebih Jauh

MEDAN, Waspada.co.id – Pasca-pengumuman Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lokasi ibu kota baru di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, berbagai pendapat bermunculan di tengah-tengah masyarakat.

Dr H Sakhyan Asmara MSP menjelaskan dalam satu proses perumusan kebijakan publik dan proses memutus keputusan kebijakan pasti ada pro-kontra. Pakar Kebijakan Publik tersebut menambahkan itu adalah hal yang biasa.

“Jadi menurut saya, keputusan pindahnya ibu kota Republik Indonesia itu tepat. Tapi waktu pelaksanaan perlu pertimbangan lebih jauh,” ujar Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan dan dosen senior Fisip USU tersebut kepada Waspada Online, Kamis (29/8).

Tak hanya itu, Sakhyan juga mengatakan, dalam pemerintahan-pemerintahan sebelumnya, wacana pemindahan ibu kota sudah lama mencuat. Bahkan masyarakat sendiri pun sudah memberikan aspirasinya mengingat kondisi Jakarta saat ini.

“Wacana ini terus berkembang, bahkan pada masa SBY juga ada tapi tidak jauh-jauh. Ada yang mau dekat ke Sentul waktu itu. Intinya, untuk memindahkan ibu kota itu sudah ada. Dari masyarakat, lalu pelan-pelan muncul juga dari pemerintah khususnya era sekarang. Betul-betul aspirasi masyarakat itu direspon oleh pemerintahan Jokowi,” katanya.

Lebih lanjut, Mantan Plt Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga itu mengingatkan waktu kebijakan itu dilaksanakan. Sebab, dirinya menilai pemerintah harus bisa menangkap denyut nadi rakyat yang ‘sedang mengalami kesulitan’.

“Studi kelayakan sudah dilakukan, Menteri PU sudah menjelaskan, lalu DPR sudah setuju. Jadi itu sudah dilalui prosesnya. Tinggal sekarang momentum tepatnya mengeluarkan pembiayaan sebesar Rp400 triliun tersebut. Perekonomian rakyat hendaknya diperbaiki pelan-pelan, baru kita putuskan pindah ibukota,” sebut Sakhyan menambahkan pemindahan ibu kota sudah menjadi tuntutan. (wol/odi/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Bule Spanyol Maju Jadi Bupati Samosir, Kok Bisa?

MEDAN, Waspada.co.id – Bule keturunan Spanyol, Carlos Melgares Varon, mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati Samosir ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.