Breaking News
Home / Warta / Politik / RUU Pemilu Molor, Pemerintah Diminta Kompromi Terkait Presidential Threshold 0%
WOL Ilustrasi
WOL Ilustrasi

RUU Pemilu Molor, Pemerintah Diminta Kompromi Terkait Presidential Threshold 0%

agregasi
agregasi

JAKARTA – Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sunanto menyarankan pemerintah berkompromi dengan sejumlah fraksi di DPR terkait presidential threshold 0 persen agar RUU Pemilu segera dirampungkan.

Sunanto mengatakan, apabila RUU Pemilu tidak segera disahkan maka kinerja KPU dan Bawaslu akan terganggu karena tak ada acuan yang jelas serta mengikat dalam menyiapkan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Maka saya berharap segera diputuskan agar tidak terganggu bahkan mengarah kepada kegagalan demokrasi Pemilu 2019. Karena ini sudah sangat molor dari prediksi dan persiapan awal,” kata Sunanto kepada Okezone, Sabtu (15/7/2017).

Sunanto menuturkan, melalui presidential threshold, pemerintah seharusnya lebih mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kelompok tertentu.

“Yang perlu dilakukan sebenarnya ini biar tidak lama-lama lebih mendahulukan kepentingkan publiknya daripada kepentingan politiknya,” beber Sunanto.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kemendagri mengajukan draf RUU Pemilu yang di dalamnya terdapat pasal tentang presidential threshold 20–25 persen. Poin tesebut ditolak oleh sejumlah fraksi di DPR dengan berbagai alasan sehingga membuat pembahasan itu alot.

Check Also

Presiden Joko Widodo. (Foto Antara/Puspa Perwitasari)

Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Tak Miliki Kekuasaan Absolut

  JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki kekuasaan yang absolut. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.