Home / Warta / Mancanegara / Rusia Ingin AS Jelaskan Soal Penarikan Diri dari Perjanjian Senjata
foto: Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov (Foto: dok Reuters).

Rusia Ingin AS Jelaskan Soal Penarikan Diri dari Perjanjian Senjata

MOSKOW,Waspada.co.id – Kremlin, Senin (22/10) menyatakan keprihatinan tentang janji Presiden Amerika Donald Trump untuk menarik Amerika keluar dari kesepakatan senjata dengan Rusia, dan mengatakan langkah itu akan “membuat dunia menjadi tempat yang lebih berbahaya.”

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada para wartawan bahwa Rusia tidak melanggar perjanjian itu dan jika Amerika Serikat terus mengembangkan rudal baru maka Rusia akan terpaksa menanggapi dengan langkah serupa.

Peskov mengatakan para pejabat Rusia ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang rencana Amerika mengenai Traktat Nuklir Jarak Menengah dalam pembicaraan pekan ini dengan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Bolton akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Presiden Vladimir Putin hari Senin.

Sebelumnya Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, menyatakan keputusan AS ini akan memancing kecaman global yang serius.

Traktat Senjata Nuklir Jarak Menengah atau INF sudah berjalan selama tiga dekade sejak Presiden AS, Ronald Reagan menandatanganinya pada 1987 silam.

Perjanjian itu, kata Ryabkov, punya peran penting untuk keamanan internasional di bidang senjata nuklir dan pemeliharaan stabilitas.

Rusia mengutuk apa yang dilakukan AS. Mereka menyebut langkah itu sebagai upaya AS untuk mendapatkan konsesi melalui metode ‘pemerasan’.

Jika AS terus bertindak ‘kasar’ dan mundur secara sepihak dari perjanjian internasional tersebut, Rusia tak akan tinggal diam. (cnn/voa/data1)

Check Also

Khamenei Sebut Trump Menjatuhkan Wibawa AS

TEHERAN, Waspada.co.id – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: