Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Rupiah Naik di Rp13.522 Per Dolar AS
Illustrasi WOL
Illustrasi WOL

Rupiah Naik di Rp13.522 Per Dolar AS

JAKARTA, WOL – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa (2/1)  pagi, bergerak menjadi Rp13.522 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.550 per dolar Amerika Serikat (AS).

Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong di Jakarta, mengatakan situasi ekonomi nasional yang kondusif menjaga fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Kondisi ekonomi yang kondusif, akan tetap mendorong aliran modal masuk ke dalam negeri.

“Didukung kenaikan peringkat dari Fitch Ratings, menandakan ekonomi pada tahun 2018 stabil dan lebih baik,” katanya.

Lukman menambahkan mata uang rupiah pada awal tahun 2018 juga ditopang tren harga komoditas dunia yang masih berada dalam area penguatan.

“Harga komoditas menjadi salah satu faktor yang menopang mata uang komoditas, termasuk rupiah,” katanya.

Terpantau harga minyak jenis WTI Crude pada Senin (2/1) ini menguat 0,30 persen menjadi 60,60 dolar AS per barel, dan Brent Crude naik 0,34 persen menjadi 67,10 dolar AS per barel.

Analis Monex Investindo Futures Agus Chandra menambahkan, sebagian pelaku pasar keuangan memanfaatkan momentum perbaikan harga komoditas untuk tetap menempatkan investasinya pada aset-aset di negara berkembang.

“Rally harga minyak berpotensi menekan turun dolar AS, mata uang berbasis komoditas di negara berkembang masih akan diminati,” katanya. (antara/data1)

Check Also

Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

Trump Ingin Pengedar Narkotika Dihukum Mati

WASHINGTON, WOL –  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara resmi mengusulkan hukuman mati untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.