_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Rupiah Masih Berada di Zona Aman
WOL Photo/Ilustrasi

Rupiah Masih Berada di Zona Aman

MEDAN, Waspada.co.id – Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS hari ini mengalami pelemahan. Rupiah berada di kisaran Rp14.222/USD. Pelemahan ini masih relatif kecil dan Rupiah masih dikatakan berada di zona aman.

Adanya sentimen positif yang berasal dari lembaga pemeringkat Rating and Investment Information Inc (R&I) asal Jepang memberikan peringkat outlook stabil (BBB) bagi Indonesia hal ini menunjukkan kestabilan ekonomi di dalam negeri masih tergolong aman.

“Saya kira ini akan memberikan daya tarik bagi asing untuk berinvestasi di dalam negeri. Sementara itu saya kira pelemahan Rupiah hari ini juga terimbas oleh pemulihan dólar dimana bukan hanya Rupiah yang mengalami tekanan, begitupun mata uang negara lainnya kecuali yen dan peso yang masih bertahan,” tutur Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (30/4).

Di sisi lain, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan hari ini berada di teritori positif, IHSG ditutup naik 29 poin atau naik 0,459 persen di level 6.455. Pergerakan IHSG hari ini disinyalir berasal dari laporan keuangan emiten di kuartal I.

“Dan sejauh ini beberapa emiten melaporkan kenaikan laba dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya namun demikian banyak pula yang melaporkan penurunan laba dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya seperti laba emiten PT Pembanguan Jaya Anco Tbk (PJAA), PT Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI), PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) dan lain-lain,” katanya.

Penurunan laba emiten di kuartal I ini bisa disebabkan oleh beberapa hal diantara kurangnya daya beli sehingga menuurnkan tingakt produksi dan pendapatan serta kenaikan bahan baku dan lain sebagainya.

“Namun demikian saya kira ini merupakan hal yang biasa terjadi di mana ke depannya emiten masih dapat melakukan peningkatan kinerjanya serta produktifitasnya. Diharapkan semakin banyak emiten yang melaporkan kenerja keuangannya serta mencatatkan kenaikan laba di kuartal I ini,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tingkatkan Penggunaan GPN, BI Sosialisasi ke UMSU

MEDAN, Waspada.co.id – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Utara terus mendorong peningkatan penggunaan kartu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: