_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Rommy Bongkar Peran Lukman Hakim Saifuddin Soal Jabatan Kakanwil
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Antara)

Rommy Bongkar Peran Lukman Hakim Saifuddin Soal Jabatan Kakanwil

JAKARTA, Waspada.co.id – Sidang perdana eks Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) membuka peran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam proses rekrutmen pejabat di Kemenag.

Menag Lukman disebut ikut menerima uang suap dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanuddin terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama.

“Sehingga harus dipandang sebagai perbuatan berlanjut, menerima hadiah atau janji,” kata jaksa KPK, Wawan Yunarwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Jaksa menceritakan awalnya Haris khawatir tak terpiih menjadi Kakanwil Kemenag Jatim karena pernah dijatuhi sanksi disiplin pada 2016. Salah satu syarat untuk menduduki jabatan tersebut, adalah tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin Pegawai Negeri Sipil dalam lima tahun terakhir.

Haris kemudian mencoba mendekati Lukman namun gagal. Setelah itu, Haris mendekati Rommy yang merupakan Ketum PPP saat itu, dimana Lukman tercatat sebagai kader PPP.

Pada tahap seleksi selanjutnya, Haris juga tidak masuk dalam daftar tiga besar calon Kakanwil Jawa Timur. Lolosnya Haris pun sempat ditentang kalangan internal Kemenag dan Komite Aparatur Sipil Negara. Namun, ungkap Jaksa, sejak awal, Lukman telah memutuskan untuk memilih Haris menjadi Kakanwil Jatim.

“Dan akan mengambil segala resiko yang ada untuk tetap memilih Haris Hasanuddin dalam jabatan tersebut,” kata jaksa.

Akhirnya Lukman melantik Haris menjadi Kakanwil Jatim pada 5 Maret 2019.

Selain itu Khusus untuk Rommy, ia didakwa menerima suap dari Kepala Kanwil Kemenag Gresik, Muafaq Wirahadi senilai Rp91,4 juta. Suap itu diberikan agar Romi membantu Muafaq menduduki jabatan Kakanwil Gresik. (inilah/ags/data2)

适适

Check Also

Sofyan Basir Jadi Orang Ketiga Divonis Bebas Hakim di Kasus KPK

JAKARTA, Waspada.co.id – Mantan Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir, adalah terdakwa ketiga yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.