Breaking News
Home / Warta / Politik / Ribuan Warga Subang Berebut Foto Dengan Maruarar Cs
WOL Photo
WOL Photo

Ribuan Warga Subang Berebut Foto Dengan Maruarar Cs

SUBANG, WOL – DPP Taruna Merah Putih (TMP) tak henti-hentinya menyuarakan dan memperjuangkan Pancasila sebagai Falsafah dan dasar negara. Kali Ini TMP menggandeng GP Anshor Kabupaten Subang menggelar Kirab Kebangsaan Pancasila Rumah Kita dengan mengusung Tema “Bersatu Kita Teguh” di Pamanukan, Sabtu (4/3) kemarin. Kegiatan ini diikuti sekitar sepuluh ribu kader dan simpatisan TMP.

Dalam sambutannya, Direktur Wahid Institute Yenny Wahid mengungkap bahwa acara Kirab Budaya yang dilakukan oleh TMP dan GP Anshor merupakan bentuk komitmen untuk menjaga pancasila dan NKRI. Baginya, menjaga dan cinta tanah air merupakan wujud dari kepatuhan kepada agama. Karena menurut islam cinta kepada tanah air sebagian dari iman.

“Pemuda yang cinta kepada tanah air adalah pemuda yang memiliki keimanan yang tebal,” katanya.

Maka itu, Putri Gus Dur ini mengajak semua pihak untuk senantiasa cinta kepada tanah air dengan menjaga Pancasila dan Kebhinekaan  di Indonesia. Serta menjadi pemuda yang kehadirannya dapat memberikan perubahan yang positif terhadap masyarakat.

Yenny mengungkapkan bahwa banyak bangsa lain yang iri kepada Indonesia yang memiliki pancasila. Dengan pancasila inilah Indonesia tetap kokoh berdiri meskipun masyarakatnya beragam baik dari Agama, Suku, Adat dan Budaya.

“Dengan modal inilah bangsa ini bisa terus stabil dibanding dengan negara lain,” katanya.

Yenny mengajak kepada semua pihak untuk menegakkan kebhinekaan di Indonesia. “Pertahankan Indonesia dengan warna warni pandangangannnya, budaya, agamanya dan Ras

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP), Maruarar Sirait, mengajak masyarakat Subang untuk menjaga dan mengawal Pancasila sebagai  falsafah dan dasar negara bangsa. “Siap membela pancasila, Siap membela NKRI,” kata Maruarar di hadapan ribuan warga Subang.

Lebih lanjut tokoh muda yang akrab disapa Ara ini mengatakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang dibangun dari keberagaman. Maka itu menjaga pluralisme, toleransi dan kebhinekaan menjadi keniscayaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Apakah kita siap melawan pihak yang akan menggangu pluralisme dan kebhinekaan di tengah-tengah kita,?” kata Ara.

Pada sambutannya Ara juga mengapresiasi atas perjuangan warga Pamanukan yang rela meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan ini. Menurutnya kumpulnya warga Pamanukan sebagai bukti bahwa masyarakat akar rumput mendukung Pancasila dan menjaga toleransi dan kebhinekaan.

“Mari bersatu untuk pluralisme dan Indonesia. Kita di sisni bermacet-macet untuk membela kemajemukan,” jelasnya.

Selain itu, pada acara kirab kebangsaan ini juga ingin menumbuh kembamgkan potensi yang dimiliki anak muda Subang. Dan TMP selalu berupaya untuk melakukan pemberdayaan ekonomi, khususnya kepada pedagang kecil.

“Maka dari itu di setiap acara TMP kita menyediakan booth gratis untuk PKL dan Komunitas. Ini wujud perhatian kita kepada mereka,”katanya.

Acara ini dimulai  dengan jalan santai yang dimulai dari Lapangan Balai Desa Rancasari dan berakhir di Bintang Fantasi Pamanukan. Puluhan ribu massa tumpah ruah memadati Jalan raya Kota Pamanukan. Dan mengular hingga sejauh 4 KM.

Tampak hadir melepas keberangkatan Kirab Kebangsaan, Ketua Umum DPP TMP, Maruarar Sirait, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan Direktur Wahid Institute Yenny Wahid. Sepanjang jalan ketiga tokoh muda nasional ini mendapat sambutan yang hangat dari peserta kirab budaya dan warga yang menyaksikan acara tersebut. Mereka berebut untuk dapat berfoto bersama dan berjabat tangan.

Sambutan yang hangat warga subang juga terlihat dengan mereka menunggangi Sesingaan dan tari lengser untuk menyambut kehadiran mereka. (wol/mrz/data3)
Editor: Agus Utama

Check Also

Ilustrasi badak (foto Satwa.net)

4 Anak Badak Jawa Lahir di Taman Nasional Ujungkulon, Populasinya Kini Bertambah Jadi 67 Ekor

  UJUNGKULON – Populasi Badak Jawa di Taman Nasional Konservasi Ujungkulon, Banten, bertambah. Hal tersebut ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.