Breaking News
Home / Warta / Politik / Rhoma Irama Tak Ambisi Jadi Capres
Istimewa
Istimewa

Rhoma Irama Tak Ambisi Jadi Capres

JAKARTA, WOL – Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama, menyatakan uji materi terhadap Undang-Undang Pemilu tahun 2017 yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK), bukan bagian dari ambisi masuk dalam bursa calon presiden.

Namun, langkah untuk mengkritisi kebijakan yang dinilai tidak memenuhi hak konstitusi rakyat.

“Saya ajukan bukan subjektif Rhoma Irama. Tetapi islam dalam rangka mengkritisi, jadi inilah demokrasi,” kata Rhoma saat meluncurkan Rekening Perjuangan Idaman, di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/8).

Menurut dia, presidential threshold saat ini dinilai tidak tepat lantaran didasarkan pada acuan keanggotaan di parlemen pada tahun 2014. “Harusnya mengacu pada tahun 2019 nanti, bukan 2014, karena sudah demisioner,” tuturnya.

Sebelumnya, Rhoma Irama, melayangkan uji materi terhadap Undang-Undang Pemilu tahun 2017 ke MK. Ada dua hal yang disoroti, Presiden Threshold atau ambang batas presiden serta verifikasi partai politik, bagi yang baru maju.

Pasalnya ambang batas presiden yang baru dicetuskan tersebut dinilai menutup hak konstitusional warga negara guna memilih calon presiden yang diinginkan. (inilah/ags/data1)

Check Also

Zudan Arif Fakrulloh/Foto: Nusantaranews

Terapkan Putusan MK, Ini Tanggapan Kemendagri

JAKARTA, WOL – Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan uji materi terkait aturan pengosongan kolom agama ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.