Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Reses, Gus Irawan Update Kelistrikan Tabagsel
Gus Irawan Pasaribu (tengah) saat melakukan pertemuan di PLN Padang Sidempuan, Minggu (12/11) kemarin. (WOL Photo/Ist)
Gus Irawan Pasaribu (tengah) saat melakukan pertemuan di PLN Padang Sidempuan, Minggu (12/11) kemarin. (WOL Photo/Ist)

Reses, Gus Irawan Update Kelistrikan Tabagsel

MEDAN, WOL – Dalam kegiatan reses anggota DPR-RI daerah asal Sumatera Utara, Gus Irawan Pasaribu mengunjungi beberapa daerah pemilihannya seperti Padang Lawas Utara, Padang Sidempuan dan Mandailing Natal.

Khusus di Padang Sidempuan Gus Irawan Pasaribu, Minggu (12/11) kemarin, mengunjungi kantor cabang PLN Padangsidimpuan yang membawahi beberapa rayon. Di situ dia diterima Manager Cabang PLN Area Padangsidimpuan Ronny Aprianto beserta jajarannya.

Dalam kesempatan itu Gus Irawan Pasaribu yang saat ini menjadi Ketua Komisi VII DPR RI membidangi energi dan lingkungan hidup mengupdate pasokan listrik di daerah tersebut termasuk potensi pembangkitan di Sarulla yang akan masuk sistem hingga tahun depan.

Kemudian Gus juga menjelaskan tentang pembebasan tol listrik yang melewati beberapa daerah. “Dalam kesempatan ini saya tentu ingin mengupdate ketersediaan pasok listrik khususnya wilayah Tabagsel,” kata Gus Irawan.

Dia mengatakan Tabagsel yang merupakan daerah pemilihannya harus bebas dari kekurangan pasokan. “Saya kan dari sini. Keluhan yang dulu-dulu soal pemadaman harusnya bisa kita akhiri. Karena setiap tahun sudah bertambah pasokan listrik,” jelasnya.

Menurut Gus Irawan, dalam kesempatan tersebut dia juga menyerap aspirasi dari berbagai kalangan yang hadir. “Keluhan soal pemadaman listrik memang secara perlahan berkurang. kita harus membuktikan keandalan jaringan PLN ini sebab Sudah bertambah dalam jumlah yang sangat signifikan. Kalau dulu kita defisit sekarang tentu sudah harus surplus atau ada cadangan,” jelasnya.

Namun seiring kebutuhan masyarakat yang kian meningkat tentu saja pasokan tersebut akan habis juga. “Masyarakat butuh sambungan baru. Pertumbuhan industri pun memerlukan pasok listrik. Jadi berapa pun kita siapkan cadangan otomatis akan diserap juga. Sehingga perlu penambahan daya berkesinambungan,” tuturnya.

Gus Irawan Pasaribu dalam kesempatan tersebut juga menyatakan bahwa bantuan pasokan daya akan masuk dari Sarulla. “Dalam tahun ini sistem yang masuk ke pembangkitan Sumbagut dalam jumlah lumayan besar,” jelasnya.

Menurutnya, khusus Sarulla sebagai sumber listrik geothermal sudah beroperasi 110 MW yang bagian kedua. “Nanti tahun depan akan masuk lagi 110 MW. Setidaknya beroperasi di akhir 2018. Jadi pasokan kita bertambah cukup signifikan,” jelasnya.

Begitupun dia menyatakan ketika mesin pembangkit sudah siap PLN masih harus menyiapkan gardu dan jaringan. “Sebab dari mesin ke sistem tidak tersambung tanpa gardu dan jaringan. Sehingga idealnya jaringan pun sangat menentukan.”

Tapi melihat progress, Gus  Irawan yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra di DPR-RI Yakin semua akan terselesaikan tepat waktu. “Intinya pemadaman tidak boleh terjadi lagi mau apa pun alasannya,” jelas dia.

Sementara itu soal tol listrik yang masih terkendala untuk disambungkan dari Sumatera Bagian Selatan akan diselesaikannya. “Ini tol listrik akan melewati beberapa daerah pemilihan saya. Tentunya saya juga ingin bertemu langsung dengan para kepala daerah terkait agar prosesnya tidak dipersulit. Terutama soal perizinan dan lintasan jaringan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Gus Irawan Pasaribu juga mendorong PLN Padangsidimpuan melajutkan komitmen kelistrikan nasional untuk terus meningkatkan pelayanan. “Jangan sampai masyarakat terus komplen karena kita tidak bisa meningkatkan kehandalan jaringan. Sebab bukan saatnya lagi kita mengeluhkan soal kekurangan pasokan.”

Dia mengatakan dalam program kelistrikan nasional yang mengejar target 35.000 MW akan menjangkau seluruh Indonesia. “Artinya tidak akan ada lagi pemadaman karena alasan perbaikan mesin atau kekurangan daya.” (wol/ags/min)

Check Also

Gus Irawan Pasaribu (tengah) saat memimpin rapat Komisi VII membahas Freeport di gedung DPR RI Jakarta. (WOL Photo/Ist)

Gus Irawan: Kami Minta Penjelasan Pemerintah Soal Negosiasi Freeport

MEDAN, WOL – Pemerintah dengan PT Freeport, kata Komisi VII DPR RI, telah melakukan negosiasi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.