Home / Warta / Teknologi / Redmi Gaet Google Produksi Android Go?
Istimewa

Redmi Gaet Google Produksi Android Go?

Waspada.co.id – Xiaomi menjadi populer dengan memproduksi smartphone murah namun bertenaga. Dan kini, setelah Redmi menjadi merek sendiri, perusahaan tersebut bekerja sama dengan Google untuk memproduksi gadget murah berbasis Android GO.

Melansir Android Authority, spesifikasi Redmi Go bahkan telah bocor di Twitter. Sebelumnya, kita harus tahu kalau perangkat Android GO akan jadi perangkat murah dengan spesifikasi yang tak terlalu bertenaga, namun akan memudahkan kehidupan kita dengan kuota internet pas-pasan.

Berikut deretan spesifikasi Redmi Go yang dibocorkan di Twitter oleh akun @ishanagarwal24. Layarnya akan mengusung panel LCD dengan resolusi 1.280×720 berukuran 5 inci. Dapur pacunya dimotori Snapdragon 425 dipadu RAM 1GB serta storage 8GB. Kameranya mengusung 8MP dan kamera selfie 5MP. Baterainya cukup besar dengan kapasitas 3.000mAh.

Soal harga, disebut Redmi GO akan dibanderol sekitar 5.000 Rupee atau sekitar Rp 900.000.

Apa Itu Android GO?

Android Go adalah OS untuk smartphone papan bawah yang harganya di bawah satu juta ke bawah. Android GO diperkenalkan di MWC 2018 lewat 5 perangkat yang digandeng Google, yakni Nokia 1, Alcatel 1X, ZTE Tempo Go, Lava Z50, Micromax Bharat Go, serta GM 8 Go. Smartphone ini semua mengusung harga dari 700 ribuRupiah hingga 1,7 juta Rupiah.

Ini adalah langkah besar yang dilakukan Google demi membuat semua pihak dapat mendapatkan keutamaan smartphone meski dengan perangkat yang murah. Hal ini dikarenakan Android Go secara khusus didesain untuk berjalan di perangkat murah dengan prosesor yang tak seberapa bertenaga, RAM terbatas, serta storage yang kecil. OS ini juga cocok untuk konektivitas internet yang terbatas atau paket daya yang sangat mahal di negara-negara tertentu.

Android Go sendiri memiliki 3 azas untuk diterapkan ke berbagai smartphone papan bawah. Pertama, membuat OS Android yang berjalan dengan baik meski di RAM maksimal 1GB, kedua membuat Android tidak memakan banyak storage, serta ketiga membuat aplikasi pre-install yang berkapasitas kecil sehingga tidak memakan banyak storage dan data.

Google sendiri memberi aplikasi pre-install seperti Youtube Go, Gmail Go, Google Go, Google Maps Go, dan lainnya, yang kesemuanya punya fitur penghematan data dan besar aplikasinya sendiri tidak memakan storage. (merdeka/data1)

Check Also

Kenalkan Smartphone 5G, Mi Mix 3 Dijual Rp9 Jutaan

Waspada.co.id – Xiaomi akhirnya mengumumkan smartphone pertamanya yang mendukung 5G. Hal itu dilakukan dalam event ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: