Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Razia Kembali Digelar di Lapas Sukamiskin
Petugas apel sebelum razia Lapas Sukamiskin. (Foto: Oris Riswan/Okezone)

Razia Kembali Digelar di Lapas Sukamiskin

Agregasi

 

BANDUNG – Razia kembali digelar di Lapas Kelas I Sukamiskin, Kota Bandung, pada Selasa (24/7/2018) sore. Razia itu melibatkan puluhan petugas.

Semula, para petugas itu beberapa kali mondar-mandir ke dalam lapas sejak pukul 16.00 WIB. Bahkan, puluhan petugas sempat tersebar di beberapa titik di area luar lapas.

Pukul 17.20 WIB, semua petugas itu dikumpulkan di depan gerbang masuk lapas. Apel digelar dan para petugas diberikan pengarahan untuk melakukan razia atau penertiban di dalam lapas.

Pimpinan apel dikabarkan merupakan seorang auditor. Tapi, belum ada keterangan resmi soal siapa auditor tersebut, termasuk seputar kegiatan razia kali ini.

Petugas apel sebelum razia Lapas Sukamiskin. (Foto: Oris Riswan/Okezone)

Para petugas bungkam saat ditanya wartawan. Tapi, salah seorang pejabat dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat sempat memberikan sedikit keterangan.

“Nanti saja (memberikan penjelasannya) setelah sidak,” katanya.

Para petugas yang dikerahkan dalam razia tersebut diketahui berasal dari berbagai wilayah. Selain Polsuspas Bandung, Polsuspas Purwakarta juga dikerahkan. Bahkan, ada juga petugas yang berpakaian dengan tulisan Lapas Banceuy dan Rutan Kebonwaru.

Pukul 17.45 WIB, dua mobil bak terbuka kemudian masuk ke dalam lapas. Tapi, belum diketahui akan dipakai untuk mengangkut apa mobil tersebut.

Seperti diketahui, Lapas Sukamiskin saat ini menjadi sorotan setelah KPK menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen dalam operasi tangkap tangan. Wahid diduga menerima suap untuk jual-beli fasilitas mewah di dalam lapas.

Lapas Sukamiskin (foto: Oris/Okezone)

KPK juga menemukan ada sel berisi barang-barang mewah. Bahkan, ada dua kamar yang diduga KPK kuncinya dibawa narapidana penghuni kamar yaitu Fuad Amin dan Tubagus Chaeri Wardana. Belakangan, pihak Kemenkumham menyebut keduanya dalam kondisi sakit dan sudah diizinkan keluar sesuai prosedur.

Hal itu membuat Kemenkumham langsung meresponnya dengan menggelar razia. Razia pun digelar pada Minggu (22/7/2018) malam.

Hasilnya, didapatkan banyak barang-barang mewah untuk ukuran lapas. Sebab, barang-barang itu harusnya tidak berada di dalam lapas. Lemari es, AC, pemanggang roti, kompor gas, hingga uang total Rp102 juta berhasil didapatkan petugas dari hasil razia.

Check Also

Idrus Marham Ajak Kader Golkar Kembalikan Uang Suap

JAKARTA, Waspada.co.id – Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Marham menyarankan agar kader Partai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: