Home / Warta / Mancanegara / Rayakan Isra Miraj, Presiden Turki Undang Qari Asal Indonesia
foto: Istimewa
foto: Istimewa

Rayakan Isra Miraj, Presiden Turki Undang Qari Asal Indonesia

ANKARA, WOL – Qari asal Indonesia, Takdir Feriza Hasan, diundang langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk mengisi perayaan Isra Miraj pada 11 hingga 15 April 2018, di Ankara.

“Ya betul. Undangan dikirim langsung kepada Takdir dari Turki,” ujar Kepala Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Agama Provinsi Aceh, Rusli Hasan, dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (15/4).

Kementerian Agama, kata Rusli, akan terus mendukung putra-putri Aceh mengikuti jejak Takdir di tingkat dunia.

“Kami berharap penerapan syariat Islam di Aceh mampu melahirkan lebih banyak putra-putri yang menghiasi kegiatan-kegiatan di tingkat nasional dan internasional,” kata Rusli.

Selain itu, Rusli juga berharap agar hubungan Turki dan Aceh semakin kuat. Sehingga, dapat memberikan kontribusi satu sama lain dalam keilmuan Islam.

Sebelumnya, Takdir meraih juara I Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Turki pada 2015. Setahun kemudian, qari kelahiran 1986 ini mendapat undangan khusus dari Pemerintah Turki.

Selanjutnya, pada 2017, Takdir diundang otoritas keagamaan Turki Diyanet untuk mengikuti kegiatan membaca Al Quran di 31 kota.

Berhasil Mengalahkan Peserta dari 40 Negara
Sementara itu, qari lainnya asal Indonesia, Zainal Abidin, menjadi juara tilawah internasional di Istanbul, Turki. Pria asal Ciamis, Jawa Barat, tersebut berhasil menyingkirkan peserta dari 40 negara.

Dikutip dari situs Persatuan Pelajar Indonesia Turki, pemenang Musabaqah ke-IV Internasional Holy Quran Memorization Recitation Competition di Masjid Fatih Istanbul itu diumumkan Jumat 17 Juni 2016.

Presiden Turki, Recep Thayeb Erdogan memberi sambutan langsung setelah Sholat Jumat, pekan lalu. Tahun lalu, Indonesia juga menjadi jawara pada ajang ini, melalui Takdir Feriza Hasan, qari asal Aceh.

Alhamdulillah, bersyukur sekali bisa di sini, Turki juga negeri yang sangat indah, semoga ke depannya lebih bisa menjaga dan mengamalkan Alquran,” kata Zainal.

Sementara, Ketua PPI Turki, Azwir Nazar, mengucapkan selamat kepada Zainal Arifin. Azwir menyebut Zainal telah mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

“Kami sangat terharu dan bangga ternyata Indonesia terus melahirkan orang-orang terbaik sebagai negara Muslim terbesar di dunia. Kita patut bersyukur dan memberi apresiasi yang tinggi,” ujar Azwir. (liputan6/dream/ags/data2)

Check Also

Inilah kompleks perumahan yang dibangun untuk para anak yatim korban perang sipil Suriah (Foto: Twitter)

Turki Resmikan Kompleks Perumahan untuk Yatim Suriah

  REYHANLI – Turki meresmikan kompleks perumahan untuk para yatim yang menjadi korban perang sipil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.