Breaking News
Home / Warta / Politik / Rapat dengan Komisi III, KPK Jelaskan Mekanisme Pengaduan Korupsi oleh Masyarakat
KPK rapat dengan Komisi III DPR (Antara)
KPK rapat dengan Komisi III DPR (Antara)

Rapat dengan Komisi III, KPK Jelaskan Mekanisme Pengaduan Korupsi oleh Masyarakat

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Rapat dengar pendapat antara Komisi III DPR RI dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat berlangsung alot. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan mekanisme pengaduan masyarakat (dumas) soal korupsi seperti ditanyakan dewan.

Sebelum Alexander bicara, Wakil Ketua KPK Saut Sitomorang sempat disemprot anggota Komisi III karena jawabannya dianggap tak memuaskan para wakil rakyat. Alexander lalu menjelaskan proses dumas.

“Terkadang masyarakat kalau ada yang kenal dengan salah satu pimpinan, mereka juga langsung mengadukan. Nah, pimpinan kalau menerima laporan masyarakat itu tetap melaporkan ke dumas juga,” kata Alexander di Ruang Rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Menurut Alexander, bagian dumas memiliki pegawai sekira 50 orang. Mereka tugasnya mengklarifikasi bila ada laporan yang masuk. Kemudian, dilakukan juga pengecekan apakah laporan itu sudah dilaporkan juga ke lembaga lain atau belum, seperti Polri dan kejaksaan. Bila ada, KPK akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Polri ataupun kejaksaan.

Termasuk, kata Alexander, ‎kalau ada laporan operasi tangkap tangan (OTT) biasanya kasus penyuapan itu pelapor menginformasikan akan ada orang yang ingin menyerahkan uang.

“Nah petugas dumas itu akan melakukan klarifikasi juga kepada pelapornya, apakah valid atau tidak. Itu ada prosesnya, tidak cukup satu sampai dua hari,” tukasnya.

Check Also

foto: istimewa

SBY: KPK, Kejaksaan dan Polri Harus Akur!

  JAKARTA – Belakangan ini masyarakat diresahkan dengan adanya kekisruhan antar tiga lembaga hukum, yaitu ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.