Home / Warta / Politik / Ramai Napi Korupsi Ajukan PK, Komisi Yudisial Surati MA agar Bersikap Objektif
foto: detik

Ramai Napi Korupsi Ajukan PK, Komisi Yudisial Surati MA agar Bersikap Objektif

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi Yudisial (KY) juga ikut mengawasi fenomena pengajuan Peninjauan Kembali (PK) dari para narapidana kasus korupsi atas perkara yang menjeratnya. Pasalnya, lembaga pengawas peradilan itu sudah melayangkan surat ke Mahkamah Agung (MA) untuk objektif dalam menangani hal tersebut.

“Ada metodologi yang kami lakukan, kami surati MA agar yang menangani perkara untuk bersikap objektif dan transparan,” kata Ketua KY Jaja Ahmad Jayus saat menyambangi Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Choel Mallarangeng

Tercatat, sudah ada enam narapidana korupsi yang ditangani oleh KPK mengajukan PK. Mereka adalah, Siti Fadilah Supari, Suryadharma Ali, Anas Urbaningrum, Jero Wacik, Choel Mallarangeng, dan M Sanusi.

Disisi lain, Jaja tak mempermasalahkan langkah para napi korupsi tersebut. Mengingat, mereka memiliki hak untuk melakukan pembelaan hukum. Apalagi, sambung dia, para napi korupsi itu merasa memiliki novum baru atas perkaranya.

KY, kata Jaja, dalam hal ini akan melakukan pengawasan terkait dengan keputusan akhir Hakim sidang PK nantinya.

“PK hak setiap individu, setiap terpidana kalau dia menemukan putusan itu ada kekeliruan yang nyata dari hakim kemudian ada novum atau bukti baru. Silahkan saja. Itu hak. Nanti putusannya kami pantau,” tutup dia.

Jero Wacik

Check Also

Firman Wijaya Bakal Didampingi 400 Advokat Hadapi Laporan SBY

JAKARTA, WOL – Tim Advokasi Untuk Kehormatan Profesi menyatakan dukungannya terhadap pengacara mantan Ketua DPR ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: