Home / Warta / Politik / “Rakyat Benar-benar Memilih Figur, Bukan Partai”
Istimewa

“Rakyat Benar-benar Memilih Figur, Bukan Partai”

JOMBANG, Waspada.co.id – Meski Pilkada serentak telah usai, namun hasil tersebut tidak bisa digunakan gambaran untuk Pilpres 2019. Karena dalam Pilkada yang menentukan kemenangan adalah figur, bukan parpol.

Demikian dikatakan mantan Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) Mahfud MD, usai menghadiri Halaqah Nasional tentang pemberdayaan ekonomi ummat di pesantren Tebuireng Jombang, Minggu (1/7).

Mahfud lantas mencontohkan hasil Pilkada di Jatim, tidak ada parpol yang menang mutlak. Karena partai pengusungnya banyak. Kemenangan calon dalam Pilkada lebih ditentukan oleh paslon atau figurnya. “Kemenangan dalam Pilkada tidak bisa diklaim satu parpol. Demikian juga di Jawa Barat,” kata Mahfud.

Mahfud mengungkapkan, tidak ada satu partai yang bisa menjadi gambaran untuk kekuatan Pilpres. Karena tidak ada partai yang mengusung calonnya secara sendiri dalam Pilkada. Semuanya melakukan koalisi.

“Yang pasti, saat ini rakyat sudah benar-benar memilih figur, bukan memilih partai,” pungkas Menteri Pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, ini. (inilah/ags/data2)

Check Also

Siapa Yang Akan Didukung Mahfud MD di Pilpres?

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD mengaku belum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: