Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Raja Spanyol Bertemu Raja Arab Saudi
Istimewa
Istimewa

Raja Spanyol Bertemu Raja Arab Saudi

RIYADH,WOL – Raja Spanyol Felipe VI bertemu dengan Raja Arab Saudi Salman pada Minggu (15/1) menurut media pemerintah, dalam kunjungan yang bertepatan dengan pembicaraan untuk menjual kapal perang Spanyol.

Felipe (48) menjadi tamu kehormatan dalam jamuan makan siang yang diselenggarakan Salman (81), yang memberi dia gelar kehormatan Raja Abdul Aziz, gelar kehormatan tertinggi Arab Saudi bagi warga luar negeri menurut Saudi Press Agency (SPA).

Kemudian mereka membahas hubungan kedua negara dan upaya pengembangan kerja sama di berbagai bidang menurut SPA.

Mereka juga membahas situasi di Timur Tengah, sebelum Felipe mengadakan pembicaraan terpisah dengan Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed Aljadaan dan Menteri Perdagangan dan Investasi Majed al-Qasabi.

Raja Spanyol tiba di Riyadh pada Sabtu untuk melakukan kunjungan tiga hari.

Media Spanyol mengaitkan lawatan tersebut dengan kesepakatan yang sudah dinantikan untuk menjual kapal fregat Avante 2200 seharga sekitar dua miliar euro (sekitar Rp28,3 triliun).

“Kami hanya bisa mengonfirmasi bahwa negosiasi untuk membangun lima kapal perang yang akan dijual kepada Angkatan Laut Saudi mengalami kemajuan pesat,” kata juru bicara perusahaan galangan kapal Spanyol Navantia kepada kantor berita AFP.

Spanyol adalah pengekspor senjata terbesar ketujuh di dunia dan Arab Saudi adalah salah satu pembeli peralatan militer terbesar di dunia.

Tahun ini Arab Saudi mengalokasikan anggaran 191 miliar riyal (51 miliar dolar AS) untuk belanja perlengkapan militer dan senjata, turun dari 205 miliar riyal yang dibelanjakan tahun 2016.

Anggaran terpisah sebesar 97 miliar riyal dialokasikan untuk membiayai pangkalan angkatan laut untuk Penjaga Perbatasan dan proyek keamanan lain.(antara/data1)

Check Also

Unjuk rasa ratusan warga di Lagos, Nigeria, 6 Februari 2017. (Foto: AFP/PIUS UTOMI EKPEI)

Ribuan Orang Protes Kelangkaan Pangan di Nigeria

KANO, WOL – Ribuan orang yang terusir dari rumah mereka akibat pemberontakan Boko Haram, Minggu ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.