Home / Warta / Politik / Raih Elektabilitas 18,7%, Gerindra Masih di Bawah PDIP
ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

Raih Elektabilitas 18,7%, Gerindra Masih di Bawah PDIP

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Berdasarkan hasil survei yang dirilis Alvara Research Center PDIP mampu keluar dengan perolehan elektabilitas mencapai 26,1 persen sedangkan Gerindra hanya 18,7 persen.

“PDIP paling tinggi 26,1%, Gerindra 18,7%, undecided voters 19,7%,” kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali di Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Berdasarkan hasil risetnya, PDIP masih unggul di banding parpol lainnya. Kendati begitu, Partai Gerindra menunjukkan adanya tren kenaikan suara meskipun belum mampu mengalahkan PDIP.

“Jika dilihat dari tren elektabilitas, Pemilu 2019 masih akan menjadi panggung pertarungan bagi partai-partau besar. Sedangkan partai baru masih perlu berjuang keras untuk dapat keluar dari zona parliamentary threshold,” ucap Hasanuddin.

Pada saat yang sama, pada Pemilu 2019 ini ia melihat jumlah undecided voters semakin menurun. “Hal ini menunjukkan bahwa pemilih yang sebelumnya ragu dengan pilihannya, kini mulai berani mengambil keputusan ketika waktu pemilihan semakin dekat,” jelas Hasanuddin.

Survei nasional Alvara Research Center dilakukan pada 12-18 Agustus 2018. Riset ini menggunakan metode multi-stage random sampling dengan melibatkan 1.500 responden berusia 17 tahun ke atas.

Sampel diambil di seluruh provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Margin of error dalam survei ini sebesar 2,53% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Check Also

Kubu Prabowo Klaim Bisa Salip Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin di Januari

  JAKARTA – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan jika dua bulan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: