Home / Warta / Teknologi / Q3 2017, Trasformasi Pertumbuhan XL Menguat
Istimewa

Q3 2017, Trasformasi Pertumbuhan XL Menguat

JAKARTA, WOL – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) hari ini menyampaikan berbagai pencapaian positif dari kinerja perusahaan selama sembilan bulan pertama yang berakhir per 30 September 2017. Layanan data masih memberikan kontribusi yang sangat signifikan, bahkan semakin kuat sebagai kontributor pendapatan utama bagi perusahaan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan kinerja  yang tumbuh kuat di kuartal ketiga memperlihatkan bahwa agenda transformasi merupakan strategi yang tepat dan terbukti menghasilkan pencapaian yang sesuai harapan.

“Bisnis layanan Data menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan yang tertinggi di industri, dengan komposisi pendapatan layanan data dan pengguna smartphone mencapai 71% dan 70%. Saya senang XL Axiata berhasil memanfaatkan momentum untuk terus tumbuh selama 4 kuartal berturut-turut,” tuturnya.

XL Axiata telah berhasil memanfaatkan momentum meningkatnya penggunaan layanan Data di Indonesia dengan terus membangun infrastruktur jaringan Internet kecepatan tinggi yang handal dan memperluas cakupan layanan.

“Untuk memperkuat bisnis layanan Data tersebut, jaringan 4G LTE XL Axiata saat ini telah menjangkau 338 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, dengan hampir 16.000 BTS 4G, serta lebih dari 44.000 BTS 3G. Hal ini telah menempatkan XL menjadi brand pilihan bagi pelanggan data dan pengguna smartphone, dimana melalui parameter Net Promoter Score (NPS) menunjukkan adanya peningkatan penilaian terhadap berbagai atribut khususnya yang terkait dengan meningkatkan persepsi positif pelanggan terhadap kualitas layanan data khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal,” jelasnya.

Selain itu, meningkatnya investasi yang dilakukan di berbagai wilayah di luar Jawa dengan program 3G U900 dan perluasan jaringan internet kecepatan tinggi 4G LTE yang telah mancakup ratusan kota di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok, telah mendorong XL untuk dapat meraih wilayah pertumbuhan baru, selaras dengan semakin meningkatnya trafik Data dan pertumbuhan pendapatan.

Dian menambahkan Berbagai penawaran paket Data inovatif kami melalui strategi dual-brand telah telah menghasilkan berbagai pencapaian yang positif, selaras dengan semakin diminatinya XL bagi segmen pasar white-collar dan blue-collar, serta Axis bagi segmen pasar youth, dimana kedua merk tersebut membedakan penawarannya sesuai fokus darisegmen pasarnya

“XL Axiata juga terus berhasil menarik jumlah pengguna data dan smartphone, dengan lanju penetrasi smartphone meningkat 3 persen sejak kuartal sebelumnya menjadi 70%. Konsumsi layanan Data juga terus menerus meningkat, dimana trafiknya mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya, sehingga mempercepat konsumsi data per pengguna,” katanya.

Produk layanan XL Axiata yang berhasil merebut pasar terutama Program Xtra Combo dan AXIS Hitz. Layanan Xtra Combo dengan brand “XL” terus menjadi favorit pelanggan prabayar XL sejak diluncurkan pertama kali. Program ini memberikan bonus yang sangat menarik, yaitu dengan membeli paket internet, pelanggan akan bisa menikmati akses YouTube tanpa kuota, juga kuota menelpon ke semua operator 24 Jam.

“Selain itu, pelanggan juga masih akan mendapatkan manfaat dari kerja sama dengan penyedia konten, berupa bebas berlangganan konten untuk menyaksikan Liga Inggris di Genflix, menikmati serial drama Korea favorit di Tribe, dan streaming musik sepuasnya di Yonder,” katanya.

“XL Axiata juga berhasil mendapatkan sambutan baik dari pelanggan dari program lainnya seperti XL Super Ngobrol Baru yang menawarkan layanan gratis menelpon dan SMS tanpa batas ke semua nomor XL, menelpon Rp 1/detik ke operator lain, Rp 50 per SMS ke operator lain, dan akses internet Rp 50/MB. Selain itu, pelanggan masih akan mendapatkan manfaat berupa gratis nelpon tanpa batas melalui WhatsApp dan LINE, gratis akses YouTube 100MB/bulan, serta gratis berlangganan dan akses ke program “XL Super Nonton,” tambahnya.

Di kuartal tiga tahun 2017, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 5% QoQ dan 14% YoY, yang didorong dari pertumbuhan pendapatan Data yangtumbuh sebesar 11% QoQ atau 61% YoY. Adapun kenaikan pendapatan layanan Data didorong dari adanya  peningkatan yang signifikan dari produk layanan data yang inovatif dan didukung dengan jaringan data berkualitas tinggi. Pendapatan layanan Data memberikan kontribusi sebesar 71% terhadap pendapatan jasa perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan ini adalah yang tertinggi secara industri.

Selama periode sembilan bulan di 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp.16,926 triliun, meningkat sebesar 5% YoY, terdorong dari meningkatnya Service Revenueperusahaan sebesar 8%. Dari sisi jumlah pelanggan, pada kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 2 juta pelanggan, sehingga secara total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 52.5 juta. Adapaun ARPU secara kuartal juga meningkat, dengan rata-rata ARPU campuran sebesar Rp. 35.000.

“Peningkatan pendapatan layanan Data didorong oleh meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone, yakni meningkat 36% dibandingkan periode yang sama tahun lalu,”pungkasnya. (wol/rls/data1)

Check Also

Panitia Sempurnakan Persiapan MTQN XXVII di Lokasi Utama

MEDAN, Waspada.co.id – Seminggu menjelang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII tahun 2018 di Sumatera ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: