Home / Warta / Mancanegara / Putin Terlambat, Pertemuan dengan Donald Trump Diundur
foto: Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS

Putin Terlambat, Pertemuan dengan Donald Trump Diundur

Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan menjalani sambutan resmi pada 13.10 waktu setempat. Namun, acara itu tampaknya akan digelar lebih lambat.

Hingga sekitar 13.00, sebagaimana diberitakan dalam laporan langsung CNN, Senin (16/7), pesawat Putin masih berada di landasan pacu. Akhirnya pertemuan tersebut diundur pada pukul 13.20.

Kedua pemimpin negara menjalani pertemuan tingkat tinggi pertamanya di Helsinki, Finlandia, lokasi yang terkenal karena diplomasi Perang Dingin.

Kremlin dan Gedung Putih mengumumkan waktu dan tempat pertemuan di saat yang bersamaan setelah kedua pemimpin negara sepakat bertemu usai penasihat keamanan nasional John Bolton berkunjung ke Moskow.

Kedua pemimpin negara sempat bertemu dua kali di sela konferensi internasional dan berbicara setidaknya delapan kali lewat sambungan telepon.

Hubungan antara Washington dan Moskow berada di titik terburuk sejak akhir Perang Dingin di era pemerintahan Barack Obama yang menjatuhkan sanksi atas pencaplokan Crimea oleh Rusia dari Ukraina.

Pertemuan tingkat tinggi Trump dan Putin jadi dorongan perekonomian buat Finlandia yang juga pernah menjadi tuan rumah berbagai dialog Perang Dingin, seperti antara Leonid Brezhnev dan Gerald Ford pada 1975, serta Mikhail Gorbachev dan George HW Bush pada 1990, diikuti Boris Yeltsin dan Bill Clinton di 1997. (wol, cnn/data1)

Check Also

Rusia Praktis Berhenti Menyerang Pemberontak Moderat Suriah

PARIS, WOL – Pasukan Rusia praktis berhenti menyerang pemberontak moderat Suriah, kata Menteri Pertahanan Prancis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: