_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / PUPR Siapkan Potensi Waduk Bangun Pembangkit Listrik
Istimewa

PUPR Siapkan Potensi Waduk Bangun Pembangkit Listrik

JAKARTA, WOL – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan kesiapan dalam proyek pembangunan tenaga listrik dengan menyuplai air di waduk-waduk.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Taufik Widjoyono mengatakan, langkah ini nantinya akan tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) tentang Penugasan PLN dalam mempercepat pembangunan pembangkit listrik 35 ribu mega watt (MW) yang saat ini masih dalam tahap pembahasan. PUPR sendiri, menjadi pihak ketiga.

“Kami punya potensi waduk, dan saluran air untuk bisa digunakan sebagai pembangkit listrik. Termasuk energi bersih, atau energi terbarukan,” ujar Taufik di Jakarta, Rabu (30/12).

Taufik menjelaskan, salah satu poin utama dalam Perpres ini adalah bagaimana mempercepat proses pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Dengan demikian, nantinya kebutuhan listrik masyarakat, terutama yang berada di daerah mampu terpenuhi secara keseluruhan.

“Lebih kepada pembangunan infrastruktur kelistrikan. Supaya nanti bisa lebih mempercepat penyediaan listrik. Intinya itu. Intinya, Perpres penugasan PLN,” kata dia.

Taufik menuturkan, ada beberapa poin yang nantinya digunakan untuk mempercepat pembangunan itu. Pertama, pihak swasta diizinkan untuk mengelola pengadaan listrik.

Kedua, adalah PLN melalui anak perusahaannya, maupun dengan pihak lain diperbolehkan untuk membangun fasilitas listrik.

“Swasta bisa kelola pengadaan listrik. Selain itu, PLN melalui anak perusahaannya bisa melakukan pembangunan kelistrikan, atau PLN bisa bekerja sama dengan perusahaan lain. Intinya itu,” tutur dia. (vvn/hls/data2)

Check Also

Warga Medan Santap Sahur Pakai Lilin

MEDAN, Waspada.co.id – Perusahan Listrik Negara (PLN) Area Medan kembali berulah melakukan pemadaman listrik jelang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: