Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Puncak Mudik, Ketua Komisi VII Minta Pertamina Jaga Stok Avtur
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu. (WOL Photo/Ist)

Puncak Mudik, Ketua Komisi VII Minta Pertamina Jaga Stok Avtur

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu meminta Pertamina menjaga stok avtur (bahan bakar pesawat udara) untuk dijaga kecukupannya mengingat tingginya arus mudik dan balik pada H-5 dan H+7 pada Idul Fitri kali ini.

Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, yang membidangi energi dan lingkungan hidup mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Medan, kemarin. Dia mengharapkan PT Pertamina (Persero) sebagai penyedia bahan bakar avtur dapat mengevaluasi dan menyiapkan personil-personilnya untuk siap mensuplai avtur tepat waktu.

“Kami sudah cek dalam rangka melihat sejauh mana avtur itu tersedia. Bagaimana Pertamina bisa mengantisipasi distribusi avtur itu tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga harapkan Pertamina bisa mengevalusai dan menyiapkan personil-personilnya untuk siap mensuplai avtur tepat waktu,” terangnya.

Menurut Gus Irawan yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI, proyeksi kenaikan avtur terjadi pada H-5 dan H+7 Idul Fitri 2018. “Langkah kesiapan sudah dilakukan untuk memastikan kelancaran pasokan bahan bakar pesawat tersebut.”

Dia mengatakan data dari Pertamina menunjukkan kenaikan avtur selama arus mudik 2018 diperkirakan meningkat sekitar 5 persen dari rata-rata normal 15.606 KL per hari menjadi 16.333 KL per hari.

Pada puncaknya pada H-5 Idul Fitri diperkirakaan konsumsinya mencapai 17.388 KL per hari, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya pemudik menggunakan pesawat udara selalu melakukan perjalanan mendekati lebaran.

Gus Irawan mengatakan terkait koordinasi dengan Pertamina, BUMN tersebut sudah menjaga stok avtur sejak H-30 Pertamina. Mereka menambah frekuensi suplai tanker ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) maupun Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM).

Pertamina, kata dia, juga memastikan kesiapan dan kehandalan sarana dan fasilitas di DPPU, memastikan kesiapan RAE Supply (regular, alternative & emergency) dimana seluruh region melakukan simulasi RAE di wilayah masing-masing, khususnya untuk DPPU utama yang menjadi jalur mudik. Baik di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut Gus Irawan yang juga Ketua DPD Gerindra Sumut, untuk wilayah Jakarta, Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma diperkirakan mengalami peningkatan besar, karena menjadi konsentrasi pemudik dari Jakarta ke berbagai daerah lainnya. (wol/ags/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Reses DPR RI, Gus Irawan Kunjungi Vihara Dewi Kwan Im

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR-RI, Gus Irawan Pasaribu menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: