Home / Warta / Teknologi / PUBG Batasi Waktu Bermain, Benarkah?

PUBG Batasi Waktu Bermain, Benarkah?

Waspada.co.id – Gim mobile Player Unknown’s Battegrounds atau yang banyak dikenal sebagai PUBG kini tengah dikaji oleh MUI untuk diputuskan halal atau haramnya.

Tak cuma di Indonesia, kasus yang mirip juga terjadi di India. Pasalnya, di negara tersebut, PUBG Mobile mendapatkan sejumlah masalah baru-baru ini.

Misalnya saja di sejumlah kota di India, gim ini telah dilarang untuk dimainkan. Minggu lalu saja, 16 siswa ditahan gara-gara melanggar aturan pemerintah tentang PUBG Mobile. Demikian seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Android Authority, Minggu (24/3/2019).

Pelarangan gim ber-genre battle royale di India disebabkan karena gim tersebut dinilai menyebabkan kecanduan dan memiliki dampak negatif terhadap tingkah laku pemain-pemainnya.

Untuk menghindari pemblokiran tersebut, PUBG Corp, perusahaan pengembang gim itu tampaknya mengembangkan push notification berisi batasan waktu bermain maksimal dalam sehari, di India.

Dalam gambar hasil tangkapan layar yang beredar, terlihat PUBG Mobile akan memberikan notifikasi setelah si pengguna main lebih dari 6 jam.

Pertama kalinya push notification ini diketahui oleh seorang pemain gim PUBG dengan akun SportKeeda. Ia kemudian membagikan hasil tangkapan layar tersebut ke Twitter dan menginformasikan akan ada pembatasan waktu bermain gim bergenre battle royale tersebut.

Adapun bunyi pesan dalam push notif tersebut adalah “You’ve been played game for 6h today. Please come back at 2019-03-22 05:30:00,” kata PUBG Corp. Bagian atas dari notifikasi tersebut tertulis Health Reminder atau peringatan kesehatan.

PUBG Corp dalam push notification mengingatkan pemain yang sudah bermain selama 6 jam. Kemudian setelah 6 jam, perusahaan akan menutup gim secara otomatis. Jika pemain login kembali, akan ada notifikasi yang meminta mereka kembali pada jam yang ditunjukkan.

Verifikasi Usia

Tidak hanya itu, gim yang dikembangkan oleh PUBG Corporation itu juga menerapkan permintaan verifikasi usia. Di mana, para pemain yang boleh main gim ini adalah mereka yang usianya sudah lewat dari 18 tahun.

Gim milik Tencent ini belum memberikan pengumuman resmi terkait pembatasan waktu main jadi 6 jam serta tentang verifikasi usia.

Namun demikian, tentu akan banyak pengguna yang merasa terganggu dengan batasan ini. Tentunya, pembatasan waktu atau usia lebih baik ketimbang gim yang sedang tenar tersebut diblokir bukan? (liputan6/data1)

Check Also

Beredar Isu, CIA di Balik Pokemon Go?

LONDON, WOL – Sejak diperkenalkan pada awal Juli ini, Pokemon Go telah mewabah seluruh penjuru ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: