Home / Warta / Mancanegara / Protes Kemenangan Hakim Agung Pilihan Trump, Diduga Terkait Pelecehan Seks
Aksi Protes Menolak Hakim Agung AS (Reuters)

Protes Kemenangan Hakim Agung Pilihan Trump, Diduga Terkait Pelecehan Seks

WASHINGTON, Waspada.co.id – Beberapa jam sebelum pengambilan suara Senat, sejumlah pengunjuk rasa menerobos barikade dan melakukan aksi duduk di tangga gedung Capitol.

Polisi menarik turun dari tangga dan memborgol puluhan pengunjuk rasa yang meneriakkan kata “Memalukan!” dan “Tunggu bulan November!”.

Proses konfirmasi Brett Kavanaugh yang dituding melakukan serangan seksual dilantik menjadi hakim agung Mahkamah Agung AS ini membuka kebuntuan partisan di Capitol Hill dan polarisasi politik yang terjadi di Amerika hanya satu bulan sebelum pemilu sela.

“Anda tidak bisa memberi korek kepada pelaku pembakaran, dan anda tidak menyerahkan kekuasaan kepada gerombolan kiri yang penuh amarah. Itu lah mereka. Demokrat kini menjadi terlalu ekstrim dan terlalu berbahaya untuk memerintah,” kata Trump.

“Republik adalah partai hukum dan ketertiban dan keadilan. Dan kita menjadi partai yang lebih menjunjung kesempatan dan kemakmuran dibanding dulu.”

Senator dari partai Demokrat yang berusaha keras menghalangi pemilihan hakim berusia 53 tahun ini bersikeras bahwa akar penyebab perjuangan menentang Kavanaugh akan membuat partai itu tampil gemilang di pemilihan sela.

“Ini adalah hari yang menyedihkan, tetapi balasannya akan terjadi di hari pemilihan,” kata Senator partai Republik Amy Klobuchar.

Pengukuhan Kavanaugh praktis sudah tercapai pada Jumat (6/10) ketika dia mendapatkan suara dukungan dari Senator berpengaruh, Susan Collins dari Partai Republik dan Joe Manchin, senator konservatif dari Partai Demokrat. (cnn)

Check Also

Trump Sebut Putin Mungkin Terlibat Pembunuhan

WASHINGTON,Waspada.co.id – Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, mungkin terlibat dalam sejumlah kasus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: