Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Produk UKM Indonesia Kalah Promosi dan Kemasan
Istimewa

Produk UKM Indonesia Kalah Promosi dan Kemasan

JAKARTA, WOL – Produk Usaha Kecil Menengah (UKM) nasional menjadi pendongkrak perekonomian nasional di tengah pelambatan laju ekonomi global. Kualitas dan konsistensi mutu yang baik menjadikan produk UKM Indonesia mentereng di perdagangan dunia.

Kendati memiliki kelebihan, namun Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan, produk UKM dalam negeri ternyata juga memiliki kelemahan. Ia menyebut, terdapat dua kelemahan produk UKM Indonesia, yakni soal kemasan dan promosi.

“Kalau secara fundamental seperti mutu dan konsistensi produknya itu lumayan dan semua orang setuju. (Perdagangan) regional dan global itu kita kompetitif, cuma kita dibanding negara lain hanya kalah di kemasan dan promosi,” ujar Tom di  Jakarta, Kamis (5/11).

Ia menjelaskan, selama ini produk UKM hanya mampu masuk dalam pasar di tingkat kabupaten atau kota sehingga dinilai tak perlu promosi untuk menggenjot peningkatan perdagangan. Akhirnya, produk-produk UKM tersebut tak mampu menembus pasar nasional bahkan ekspor.

Tom menambahkan, kemasan produk UKM menjadi faktor terakhir bagi para pelaku usaha mikro itu dalam memasarkan produknya. Sayangnya, hal ini menjadi nilai buruk bagi konsumen nasional dan global yang justru mengutamakan kemasan untuk membeli produk tersebut.

“Saya mau titip (kepada pelaku UKM) bahwa yang kita harus fokus adalah mengedepankan promosi dan kemasan. Mudah-mudahan dengan perlombaan-perlombaan dan pameran-pameran seperti kuliner itu bisa mengalami perbaikan secara terus-menerus untuk meningkatkan promosi dan kemasan melalui inovasi,” pungkas Tom.(mtn/data2)

Check Also

Kenali Kemasan Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan

  KEGIATAN masyarakat yang semakin dinamis dan serba cepat menuntut para penjaja makanan berpikir untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: