Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Presiden Prancis Emmanuel Macron Umumkan Pemerintahan Baru
Istimewa
Istimewa

Presiden Prancis Emmanuel Macron Umumkan Pemerintahan Baru

Benner-Erry

PARIS, WOL – Presiden baru Prancis Emmanuel Macron menetapkan pemerintahan pertamanya pada Rabu (17/5), menunjuk veteran Sosialis Jean-Yves Le Drian sebagai menteri luar negeri dan anggota parlemen Eropa Sylvie Goulard sebagai menteri pertahanan.

Tokoh penting lain dalam kampanyenya juga menduduki jabatan senior dalam kabinet ramping kuat 22 menterinya, dengan Wali Kota Lyon Gerard Collomb ditunjuk menjadi menteri dalam negeri dan Francois Bayrou menjadi menteri kehakiman.

Pendukung sayap kanan Bruno Le Maire diangkat menjadi menteri ekonomi. Dia  merupakan satu dari tiga anggota Partai Republik yang konservatif di pemerintahan itu bersama Perdana Menteri Edouard Philippe, yang dilantik pada Senin.

Macron, yang berjanji akan menarik orang-orang dari kedua sisi spektrum politik, juga mempertahankan dua anggota pemerintahan Sosialis sebelumnya – Le Drian dan Annick Girardin, yang ditunjuk sebagai menteri.

Dia juga memenuhi janjinya soal keseimbangan gender.

Namun, hanya satu dari lima jabatan teratas – menteri pertahanan – yang diberikan kepada perempuan, dengan 10 perempuan lainnya diamanati tugas sebagai menteri kebudayaan, tenaga kerja, olahraga dan kesehatan serta jabatan lain.

Pegiat lingkungan Nicolas Hulot, yang ditugasi mengurusi ekologi, dan penerbit yang menjadi menteri kebudayaan — hanya beberapa dari pendatang baru politik yang dijanjikan Macron masuk dalam timnya.

Juara anggar Olimpiade Laura Flessel (45) dari Pulau Guadeloupe ditunjuk menjadi menteri olahraga, demikian menurut warta kantor berita AFP. (antara)

Baca Juga

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat. (WOL Photo/M. Rizki)

Dishub Medan Tidak Keluarkan Izin Parkir Ramadhan Fair

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, meminta Camat Medan Kota berkoordinasi dengan Dinas ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.