Breaking News
Home / Warta / Politik / Presiden Jokowi: DPD RI Tangguh Lewati Masa Sulit Konsolidasi Internal
foto: Antara
foto: Antara

Presiden Jokowi: DPD RI Tangguh Lewati Masa Sulit Konsolidasi Internal

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Dalam pidato kenegaraannya di hadapan anggota parlemen, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung kisruh internal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia ketika memilih pimpinan. Namun bukannya celaan, Presiden Jokowi lebih menyoroti ketangguhan DPD RI dalam melewati momen yang disebutnya masa sulit konsolidasi internal.

“Sungguh kita berbesar hati karena DPD telah menunjukkan kinerja dan kematangannya dalam melewati masa-masa sulit konsolidasi internalnya,” kata Presiden Jokowi di pidato pertamanya dalam Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Di sisi lain, Presiden Jokowi melihat DPD RI juga terus memantapkan peran konstitusionalnya sebagai penampung dan penyalur aspirasi masyarakat serta daerah. Semangat itu diharapkannya akan terus berlanjut di masa depan.

Presiden Jokowi mencatat, kerja keras DPD hingga semester I-2017 telah menghasilkan 10 pertimbangan terhadap RUU dan 5 pertimbangan berkaitan dengan anggaran serta 13 hasil pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang tertentu.

“Beberapa di antara pertimbangan itu ada yang sangat kita perlukan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di daerah-daerah,” ungkapnya.

Pertimbangan pembangunan di daerah yang perlu dipercepat, yakni pertimbangan atas RUU tentang Pengelolaan Kawasan Perbatasan Negara dan RUU tentang Kewirausahaan Nasional, serta pengawasan atas pelaksanaan UU tentang Desa.

Check Also

Antara

Pidato Jokowi: Mari Tinggalkan Warisan Kolonialisme yang Jadikan Indonesia sebagai Pecundang!

  JAKARTA – Setelah berpidato di Sidang Tahunan MPR RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.